7 Aksesoris Game Dianggap Paling Tidak Berguna Sepanjang Sejarah, ini Alasannya

7 Aksesoris Game Paling Tidak Berguna (Foto: YouTube/Under Expert)

Indogamers.com - Dalam dunia gaming, aksesoris game dibuat untuk memberikan kemudahan gamer dalam memainkan sebuah permainan.

Seiring kemajuan teknologi dan industri game, aksesoris game juga makin berkembang terutama dalam sisi mekanik game untuk mendukung permainan tertentu.

Secara umum aksesoris game ini biasanya dibuat untuk memudahkan pergerakan. Namun, alih-alih memberi dukungan, justru beberapa aksesoris game dinilai malah tidak berguna.

Baca Juga: Point Blank Rilis Battle Pass Eksklusif Military Sniper Hanya 9000 PB Cash

Dari kanal YouTube Under Expert, berikut Indogamers rangkumkan 7 aksesoris game yang dinilai tidak berguna. Untuk lebih detail, kamu bisa langsung mengunjungi kanal YouTube Under Expert.

Meski dinilai tidak berguna namun 7 aksesoris game ini sempat menarik perhatian publik karena keunikannya.

Namun karena dirasa kurang fungsional, 7 aksesoris game ini kemudian mulai ditinggalkan dan tidak banyak yang memakainya karena dinilai tidak terlalu mendukung pengalaman bermain game.

Baca Juga: 5 Game RPG Offline Ukuran Kecil untuk HP Kentang

7 Aksesoris Gaming Paling Tidak Berguna

1. Sega Activator

Sega Activator (Foto: eBay)

Selama ini, joystick selalu menjadi kontroler paling efisien untuk bermain game. Namun, keinginan untuk bisa menirukan gerakan seperti karakter dalam game sudah ada sejak dulu.

Pada tahun 1993, Sega merilis aksesoris untuk Sega Genesis yang disebut Sega Activator, yang memungkinkan pemain menggunakan gerakan tubuh sebagai kontroler.

Alat ini terdiri dari delapan panel yang disusun membentuk segi delapan, di mana masing-masing panel memiliki sensor yang berfungsi sebagai tombol dalam kontroler. Meskipun konsepnya menarik, pada praktiknya alat ini lebih membuat pemain terlihat seperti sedang menari daripada bertarung, sehingga fungsinya dianggap kurang efektif.

Baca Juga: Jangan Ngawur! Begini Cara Instal Windows 10 di Laptop dan PC yang Benar

2. Konami Laser Scope

Konami Laser Scope (Foto: YouTube: Jacobians)

Nintendo Zapper adalah kontroler berbentuk pistol yang sangat populer pada masanya. Namun, Konami juga merilis kontroler serupa bernama Konami Laser Scope pada tahun 1991.

Konami Laser Scope berbentuk seperti headset dengan sebuah scope yang dipasang lurus dengan mata. Untuk menembak, pemain hanya perlu melihat target di TV dan mengeluarkan perintah suara.

Meskipun terdengar canggih, alat ini memiliki banyak kekurangan, seperti sensitivitas suara yang terlalu tinggi dan fungsi headphone yang tidak praktis.

Baca Juga: 4 HP iPhone dengan Kapasitas Baterai Terbesar, Bikin Aktivitas Harian Nggak Khawatir Lagi

3. Nintendo R.O.B.

Nintendo ROB (YouTube/zoolates)

Nintendo R.O.B. (Robotic Operating Buddy) dirancang sebagai teman bermain game untuk konsol NES. Alat ini sebenarnya adalah robot yang dapat digunakan untuk memainkan beberapa game khusus.

Namun, dengan cara kerja yang lambat dan berisik, serta kemampuan yang terbatas, R.O.B. jauh dari kata canggih dan sering kali malah mengganggu alih-alih membantu dalam permainan.

4. Roll 'n Rocker

Roll N Rocker (Foto: YouTube/Gaming Historian)

Dirilis pada tahun 1989, Roll 'n Rocker adalah aksesoris yang dirancang untuk menggantikan kontroler tangan dengan papan yang bisa dimiringkan ke empat arah.

Namun, alat ini tidak praktis dan bahkan berbahaya karena pemain harus berdiri di atas papan yang mudah membuat mereka terjatuh. Selain itu, kontroler ini tetap membutuhkan penggunaan tombol-tombol pada kontroler NES, sehingga mengurangi efisiensinya.

Baca Juga: Dari Sarah Viloid hingga Angie Marcelia, ini 9 Gamer Tercantik di Indonesia. Siapa Gamer Cantik Pujaan Kamu?

5. Power Glove

Power Glove (Foto: ACMI)

Power Glove adalah salah satu aksesoris yang lebih fokus pada tampilannya yang keren daripada fungsinya. Alat ini berfungsi sebagai kontroler berbentuk sarung tangan yang memungkinkan pemain mengendalikan game dengan gerakan tangan.

Namun, dengan sensor yang tidak responsif dan tidak akurat, Power Glove dianggap gagal memenuhi harapan.

6. Rez Trance Vibrator

Rez Trance Vibrator (Foto: The Dreamcast Junkyard)

Dirilis pada tahun 2002 bersama dengan game Rez untuk PS2, Rez Trance Vibrator adalah aksesoris berupa vibrator USB yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman bermain dengan memberikan getaran yang sesuai dengan irama game.

Meskipun konsepnya unik, banyak yang merasa bahwa alat ini tidak menambah banyak nilai pada gameplay, dan bahkan dianggap aneh.

Baca Juga: Another Eden X The King of Fighters: Crossover Seru Hadirkan Karakter Ikonik SNK

7. Wii Accessories

Wii Accessories (Foto: YouTube/Scoot The Woz)

Nintendo Wii terkenal dengan kontrolernya yang efisien dan inovatif, yaitu Wiimote. Namun, Nintendo juga merilis berbagai aksesoris tambahan yang seharusnya meningkatkan realisme permainan, seperti Wii Bowling Ball dan Wii Tennis Racket.

Sayangnya, aksesoris ini sering kali hanya menambah kesulitan tanpa memberikan manfaat signifikan, dan Wiimote sendiri sudah cukup untuk menjalankan fungsinya.

Itulah 7 aksesoris gaming yang dinilai tidak beruna, meskipun menarik perhatian karena keunikan desainnya.

Aksesoris ini terbukti tidak efektif dalam meningkatkan pengalaman bermain sehingga dinilai tidak berguna.

Dengan makin berkembangnya teknologi dan industri game, saat ini kita dapat melihat bermunculan aksesoris game yang makin fungsional.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI