Keren Sih, Tapi Ini 4 Kekurangan Keyboard RGB yang Jarang Orang Sadari

Ilustrasi keyboard RGB. (FOTO: Freepik)

Indogamers.com - Keyboard RGB merupakan keyboard yang dilengkapi dengan pencahayaan dari lampu LED berwarna merah, hijau, dan biru sesuai dengan nama RGB (Red, Green, Blue). Tiga lampu LED tersebut bisa menghasilkan berbagai kombinasi warna yang menarik.

Keyboard RGB ini umumnya identik dengan keyboard-keyboard gaming yang tak hanya menonjolkan performa saja, namun estetikanya juga ditonjolkan berkat pencahayaannya.

Meskipun keyboard RGB ini terlihat keren dan sangat menarik, tapi keyboard ini tidak semua orang menyukainya karena bisa memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Keyboard Mechanical Termurah Lengkap Keunggulan, Ada yang Rp200 Ribuan

Karena itu, jika kamu berminat untuk membeli keyboard RGB ini, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja kekurangan dari keyboard RGB ini agar tidak menyesal setelah membelinya.

Untuk kekurangan dari keyboard RGB ini bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini yang akan Indogamers.com berikan.

1. Memiliki bobot yang lebih berat dan memakan banyak daya

Kekurangan dari keyboard RG yang pertama adalah memiliki bobot yang cenderung lebih berat dan memakan banyak daya jika dibandingkan dengan keyboard non RGB.

Jadi bagi para pengguna laptop yang sering membawa perangkatnya kemanapun, keyboard RGB ini kurang cocok, selain bobotnya yang berat, penggunaan keyboard RGB juga membuat baterai laptop menjadi lebih cepat terkuras, terutama jika lampu LEDnya selalu dihidupkan.

2. Harga yang mahal

Kekurangan selanjutnya dari keyboard RGB adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard biasa. Hal ini dikarenakan teknologi dan komponen pada keyboard RGB yang lebih banyak dari keyboard biasa, sehingga memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi.

Selain itu, keyboard RGB juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang tidak ada pada keyboard biasa, seperti efek pencahayaan yang lebih beragam dan pengaturan pencahayaan yang lebih fleksibel.

Baca Juga: Tombol Apa Yang Paling Sering Digunakan di Keyboard?

3. Tidak semua pengguna nyaman dengan cahaya dari keyboard RGB

Kekurangan lainnya dari keyboard RGB adalah cahaya yang tidak semua orang nyaman saat menggunakan keyboard RGB ini.

Bahkan, tak sedikit pengguna yang merasa pusing dari pencahayaan keyboard RGB.

Selain itu, dampak cahaya keyboard RGB pada mata juga bisa diwaspadai, terutama bagi pengguna yang harus berinteraksi dengan keyboard yang bercahaya dalam waktu yang lama.

Tak hanya itu saja, penggunaan keyboard RGB ini juga bisa mengganggu dan memecah konsentrasi para pengguna, terlebih bagi pengguna yang sering mengoperasikannya di lingkungan yang redup atau gelap.

4. Menghasilkan suara yang terlalu keras

Meskipun tak semua keyboard RGB menggunakan switch mekanis yang menghasilkan suara terlalu keras saat digunakan untuk mengetik, namun kebanyakan keyboard RGB ini dibekali dengan switch mekanik yang suaranya cukup keras.

Karena itu, bagi pengguna yang bekerja di lingkungan yang memerlukan ketenangan, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan keyboard RGB dengan switch mekanis yang lebih tenang, seperti switch linear atau silent.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Console

8 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa Jumat 13 September 2024, 17:57 WIB