Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree yang Jarang Orang Pahami

Ilustrasi penggunaan headset untuk bermain game (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Hedset, headphone, dan earphone mungkin merupakan alat yang sama-sama digunakan untuk membantu mendengarkan suara langsung ke telinga.

Namun, ketiga perangkat tersebut merupakan hal yang berbeda. Karena perbedaan inilah banyak orang yang salah menyebutkan mana headset, headphone, dan earphone.

Karena itu, agar kamu juga tidak menjadi salah satu orang yang salah menyebutkan ketiga perangkat tersebut, kamu harus tahu apa saja perbedaaanya.

Berikut penjelasan mengenai headset, headphone, earphone, dan handsfree yang harus kamu tahu.

Baca Juga: Rekomendasi 4 TWS Gaming Terbaik dengan Harga Rp100 Ribuan

Headset

Ilustrasi headset

Headset merupakan perangkat audio yang mencakup sepasang speaker (earphone) untuk mendengarkan suara dan mikrofon yang digunakan untuk berbicara atau melakukan panggilan suara.

Umumnya, headset digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah, seperti telepon atau bermain game online dengan kerabat atau partner.

Headset juga biasanya memiliki 2 jack yang berguna untuk input pada mikrofon, dan output pada speaker. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur yang dimiliki oleh headset juga telah mengalami perkembangan.

Bahkan, untuk saat ini sudah ada headset yang telah dibekali dengan fitur Bluetooth untuk menghubungkannya dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel dan USB yang terintegrasi di dalamnya.

Headphone

Ilustrasi headphone

Headphone merupakan perangkat audio yang mencakup dua speaker berukuran cukup besar untuk mendengarkan suara.

Umumnya, headphone ini digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game.

Pada awalnya, headphone hanya berfungsi sebagai perangkat output audio saja. Namun, versi terkini dari headphone umumnya sudah menyediakan built in microphone, bahkan didukung teknologi wireless dan ANC.

Untuk penggunaannya, headphone ini dikenakan di atas atau sekitar telinga para pengguna.

Pada beberapa model lebih besar yang menutupi telingan disebut dengan jenis over-ear. Sedangkan headphone yang berukuran lebih kecil dan menempek di atas telingan disebut dengan on-ear.

Earphone

Ilustrasi earphone. (Sumber: Amazon)

Earphone (earbud) adalah perangkat audio yang hanya mencakup speaker untuk mendengarkan suara.

Mereka biasanya digunakan untuk mendengarkan musik atau audio tanpa mikrofon untuk berbicara.

Bisa juga dikatakan jika earphone ini memiliki fungsi yang sama dengan headphone, namun memiliki bentuk yang lebih simpel.

Penggunaan earphone ini juga lebih mudah, pengguna hanya perlu menyumbatkannya ke telinga dan bisa dibawa kemanapun.

Untuk bentuknya, earphone memiliki bentuk yang lebih kecil, sehingga lebih ringkas dan mudah dibawa kemanapun. Bahkan akan lebih nyaman digunakan dibandingkan headphone yang ukurannya lebih besar.

Handsfree

Ilustrasi handsfree

Handsfree merpakan modifikasi dari earphone, atau bisa dikatakan handsfree adalah earphone yang yang diberi tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi.

Dari segi bentuk dan desain, handsfree sangat mirip dengan earphone.

Tombol fungsi pada handsfree biasanya digunakan untuk menerima atau memutuskan panggilan, atau digunakan saat sedang memutar media, tombol ini digunakan untuk memainkan atau menghentikan.

Jadi, bisa disimpulkan jika empat perangkat tersebut merupakan hal yang berbeda, meskipun keempatnya bisa digunakan untuk mendengarkan suara.

Perbedaan terbesar dari empat perangkat tersebut bisa dilihat dari bentuk atau tampilan fisiknya.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi keempat perangkat tersebut makin mirip baik dari tampilan maupun fungsi lainnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI