Memahami Apa Itu Fitur Komunitas di X, dari Kegunaan hingga Cara Membuatnya Lewat Aplikasi dan Web

X Twitter (FOTO: Make use of)

Indogamers.com - Platform media sosial X atau yang lebih dikenal dengan nama Twitter merupakan salah satu platform media sosial terbesar dan memiliki pengguna terbanyak di dunia.

Banyaknya pengguna X atau Twitter ini tentu saja bukan tanpa alasan. X atau Twitter memiliki banyak pengguna karena media sosial ini memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu fitur yang ada di X atau Twitter adalah fitur komunitas yang bisa digunakan untuk berkumpul pengguna yang memiliki minat yang sama dari seluruh dunia.

Dengan fitur ini, pengguna diberi kemudahan membuat channel untuk mengumpulkan pengguna lain yang memiliki minat sama.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai apa itu fitur komunitas dan cara membuat fitur komunitas di X ini, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini dikutip dari laman Makeuseof.

Apa itu Komunitas di X?

Komunitas di X merupakan ruang khusus untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berpikiran sama mengenai topik-topik tertentu. Pengguna juga dapat menganggap Komunitas X seperti grup yang ada di Facebook, di mana para anggotanya dapat terhubung dan berinteraksi antara satu dengan yang lain.

Untuk bergabung dengan Komunitas, pengguna juga harus memiliki akun publik. Beberapa Komunitas X terbuka bagi siapa saja untuk bergabung, meskipun admin mungkin memerlukan persetujuan terlebih dahulu. Komunitas yang terdapat di X tidak memiliki batasan anggotaanggota dan pengguna dapat mengundang orang sebanyak-banyaknya sebagai moderator atau admin.

Cara membuat Komunitas di X

Meskipun untuk bergabung dengan Komunitas X ini sangat mudah, namun untuk membuat Komunitas di X pengguna memerlukan akun berlangganan (X Premium).

Jika kamu ingin membuat Komunitas di X dan sudah memiliki akun X Premium, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah membuat komunitas X seperti berikut ini.

1. Membuat Komunitas di X melalui Android dan iPhone

  • Buka X dan ketuk tombol ”Komunitas” di tengah bilah navigasi bawah.

  • Pilih tombol “Buat Komunitas” (ikon dengan dua orang dan tanda plus (+)) di kanan atas.

  • Masukkan nama dan tujuan Komunitas yang kamu buat (opsional).

  • Selanjutnya, ketuk “Jenis keanggotaan” dan pilih pilihan yang kamu inginkan (kamu dapat mengubahnya nanti dari alat Admin ).

  • Terakhir, ketuk ”Buat” di kanan atas untuk membuat Komunitas yang kamu inginkan.

Komunitas yang kamu buat otomatis akan aktif dalam sekejap. Kamu dapat berbagi dari beranda Komunitas dan mengundang pengguna X lainnya untuk bergabung. Untuk menyesuaikan Komunitas yang kamu buat lebih lanjut, klik “Pengaturan” (ikon roda gigi) untuk membuka alat Admin .

2. Membuat komunitas di X lewat situs web

  • Buka X melalui web browser apapun.

  • Log-in akun X terlebih dahulu jika kamu belum log-in di X versi web.

  • Klik tombol “Buat Komunitas” (dua orang dan ikon plus) di kanan atas.

  • Isikan nama dan tujuan Komunitas yang kamu buat.

  • Selanjutnya, pilih “Jenis Keanggotaan” (dibatasi adalah defaultnya) dan klik “Buat” di kanan atas untuk menyelesaikan.

Nah, itulah tadi apa itu Komunitas di X, baik segi kegunaan komunitas dan bagaimana cara membuat komunitas di X melalui aplikasi mobile dan web.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI