Developer Emulator PlayStation 2 AetherSX2 Undur Diri Karena Ancaman Kematian

INDOGAMERS.ID AetherSX2 mengeluarkan pembaruan versi teranyar untuk android yakni 13930-v1.5-36668 pada 1 Januari 2023. Ternyata itu menjadi versi terakhir yang dikembangkan oleh developer AetherSX2 sebelum umumkan undur diri.

Sang developer Tahlreth mengumumkan di laman AetherSX2:

Pengembangan AetherSX2 ditangguhkan tanpa batas waktu. Dikarenakan akun palsu, komplain, tuntutan, dan kini ancaman kematian tiada henti, saya sudah tak sanggup lagi (mengembangkan AetherSX2).

Saat ini AetherSX2 masih bisa diunduh dan digunakan. Laman unduhan bisa diakses di AetherSX2 Download Archive. Tahlreth menegaskan bahwa mengembangkan AetherSX2 pernah menjadi hobi non profit menyenangkan baginya. Kini ia tak ingin melanjutkan karena merasa tak menyenangkan lagi.

Sebelumnya di akhir tahun lalu, Tahlreth dibuat tak nyaman dengan tuntutan tanpa henti untuk mengembangkan AetherSX2 di iOS. Sebagai developer yang mengembangkan program untuk hobi, cukup dimengerti mengapa ia meluapkan amarahnya. Terlebih lagi ketika ia mengungkapkan menerima ancaman kematian tiada henti.

Meski menyayangkan keputusannya, beberapa pengguna Reddit memahami dan mendukung keputusan Tahlreth. Mereka menganggap Tahlreth tidak memiliki tanggung jawab untuk memenuhi semua keinginan orang yang menekannya untuk sesuatu telah diberikan dengan cuma-cuma.

(IDGS/ deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI