Pendapatan Xbox Diklaim Bakal Kalahkan PlayStation, Begini Alasannya

Xbox siap kalahkan PlayStation. (Sumber: Xbox.com)

Indogamers.com - Persaingan antara Xbox dan PlayStation dalam segi pendapatan atas penjualan unit keduanya bakal melaju ke babak baru.

Belakangan, muncul klaim bahwa Xbox dari Microsoft akan melampaui pendapatan PlayStation (PS) dari Sony. Padahal sebagaimana diketahui, Sony selama ini masih superior dengan PlayStation 5 mereka yang cukup fenomenal.

Pertanyaannya, bagaimana klaim tersebut bisa muncul? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai habis artikel ini ya! Keep scrolling!

Baca Juga: Cara Hapus File di Keranjang Sampah Windows 11 Secara Otomatis

Akuisisi Activision Blizzard

Alasan klaim di atas muncul berawal dari laporan terbaru yang diterbitkan oleh Newzoo, yang menyebut bahwa Microsoft akan mengungguli Sony jika segera mengakuisisi Activision Blizzard.

Sebab, bergabungnya dua perusahaan gaming tersebut akan meningkatkan kekuatan dan bisa mendorong pendapatan perangkat lunak game Microsoft Gaming melebihi pendapatan Sony.

Secara teknis, akuisisi dinilai akan menempatkan Xbox di atas PlayStation dalam chart game untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, bahkan bisa selamanya.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Phantom V Flip, HP Layar Lipat Pertama dari Tecno yang Mengesankan

Disadur dari Insider Gaming, Microsoft belum bisa mengungguli Sony karena berada di posisi keempat pada Semester 1 tahun 2023. Bahkan mereka tertinggal di belakang Tencent, dan kemudian Apple yang selalu mendominasi, yang duduk di posisi ketiga. Sementara itu, Activision Blizzard berada di posisi ketujuh.

Pergeseran paradigma

Menurut laporan tindak lanjut yang ditulis di Windows Central, diklaim bahwa ini akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah bahwa Microsoft akan mengungguli Sony dalam hal gaming.

Baca Juga: Profil Sam Altman, Jejak Karier dan Prestasinya, Bos ChatGPT yang Mendadak Dipecat dari OpenAI

Meski begitu, pendapatan tetap akan menempatkan organisasi Amerika Utara tersebut jauh di belakang Tencent dari Tiongkok.

Tencent sendiri merupakan organisasi monumental dengan jumlah merek dan investasi yang luar biasa, dengan kepemilikan beberapa label ikonik salah satunya Riot Games.

Mereka juga mempunyai pijakan yang besar dalam industri game seluler, yang merupakan pasar game paling berharga di dunia, serta mampu menyumbang hingga kurang lebih 49% dari seluruh pendapatan game.

Baca Juga: Warner Bros. Games Pastikan Game Wonder Woman Tidak Akan Ditayangkan Secara Langsung

Menurut laporan NewZoo, Tencent sukses meraih pendapatan game sebesar $15,4 miliar pada semester pertama tahun 2023. Disusul Sony bersama dengan PlayStation memiliki pendapatan sekitar $8,08 miliar, sedangkan Microsoft dengan Xbox hanya memiliki $6 miliar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI