logo

Berjalan Sukses, Piala Presiden Esports Berpotensi Besar dalam Pengembangan Esports

AgamtheRev
Selasa 04 Februari 2020, 08:48 WIB

IDGS - Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2020 yang diselenggarakan selama dua hari di ICE BSD City, Tangerang, yakni Sabtu (1/2) hingga Minggu (2/2) berakhir sukses. Partai final di hari terakhir ini mempertandingkan game Free Fire.

Tim Flash dari Vietnam akhirnya keluar sebagai juara dan membawa pulang trophy Piala Presiden serta hadiah sebesar Rp 300 juta. Tim Flash berhasil meraih juara setelah dalam match terakhir menaklukan Tim Indonesia, Dranix Vendetta. Tim Tanah Air lainnya, Louvre Esports Indonesia, sukses menempati posisi tiga.

Selain game Free Fire, Grand Final Piala Presiden Esports 2020 juga memperlombakan tiga game lainnya yakni eFootball Pro Evolution Soccer (PES), game kasual Mobile Premiere League Fruit Dart, dan game lokal Ultra Space Battle Brawl (USBB). Untuk game eFootball PES, gelar juara juga diraih oleh atlet asal Vietnam yaitu Nguyen Tuan Anh. Ia menaklukan rekan senegaranya Do Trung Tuan dengan skor tipis 2-1. Tempat ketiga diraih oleh atlet PES tuan rumah I Made Arisandra.

Atlet esports Indonesia hanya berjaya dalam cabang game Mobile Premiere League Fruit Dart dan pertandingan eksebisi game lokal Ultra Space Battle Brawl (USBB). Aby Ramadhan pemain esports dari Jakarta Timur berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Miftahul Fajar dengan skor 3-1. Sedangkan Dio Alsabah menjadi juara di game USBB yang merupakan besutan developer lokal Indonesia Mojiken Studio dan Toge Productions.

Meski atlet tuan rumah gagal meraih gelar juara di game-game utama, namun tidak menyurutkan semangat para pendukung yang memenuhi arena pertandingan di ICE BSD City. Komitmen dukungan terhadap esports juga digelorakan oleh Pemerintah Republik Indonesia serta sejumlah lembaga terkait usai penyelenggaraan Piala Presiden Esports. Mereka menilai Piala Presiden Esports 2020 sukses menjadi batu loncatan untuk pengembangan ekosistem dan industri esports Indonesia di masa depan.

Turut hadir dalam seremoni penutupan yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Deputi Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari, Ketua KONI Marciano Norman, Wakil Ketua Dewan Penasehat PB Esports Sandiaga Uno, dan Plt Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pembangunan Manusia Abednego Tarigan.

Menpora Zainudin Amali mengatakan Piala Presiden sebagai kejuaraan olahraga elektronik profesional harus terus digelar agar memberikan dorongan kuat terhadap pertumbuhan ekosistem esports. Esports semakin tinggi peminatnya. Dalam Piala Presiden Esports ini bahkan diikuti oleh hampir 180.000 peserta dan melibatkan negara-negara lain. Ini hal yang sangat positif sehingga pemerintah memberikan apresiasi dan akan terus mendorong pengembangannya, ujar Zainudin Amali dalam jumpa pers.

Zainudin juga berharap, Piala Presiden Esports tidak berhenti sampai di sini dan akan terus berlanjut dengan level yang lebih besar lagi. Baik dari sisi jumlah peserta maupun negara yang terlibat.

Hal senada diutarakan Wakil Ketua Dewan Penasehat PB Esports Sandiaga Uno. Ia meyakini esports memiliki masa depan yang harus terus didorong untuk berkembang secara positif. Atas nama Pak Budi Gunawan (Ketua PB Esports) saya ingin menyampaikan bahwa kami mendorong kegiatan positif untuk tumbuh dan berkembang. Saya melihat bahwa Piala Presiden Esports ini meningkat pesat antusiasmenya. Upaya kami adalah bagaimana esports ini ke depan bisa ditata regulasinya. Bisa dibina sehingga atletnya menjadi kelas dunia dan Indonesia Raya akan berkumandang di berbagai kejuaraan esports dunia, ungkap Sandiaga.  

Sementara Giring Ganesha selaku Ketua Panitia Penyelenggara melihat bahwa esports Indonesia akan terus berkembang besar dan membawa dampak positif di berbagai aspek. Kami sebagai penyelenggara berupaya memberikan yang terbaik bagi esports Indonesia. Kita sudah melihat bagaimana tadi atlet-atlet kita sudah berjuang sekuat tenaga memberikan upaya terbaiknya. Maka kita semua sama-sama berjuang untuk esports karena kita tahu bahwa esports Indonesia memiliki masa depan yang cerah, tuturnya.

Kami mengapresiasi dukungan pemerintah yang begitu besar terhadap esports, terutama Presiden Bapak Joko Widodo yang sedari awal visi beliau melihat esports ini sebagai masa depan yang harus dikembangkan dengan baik. Piala Presiden Esports merupakan inisiatif beliau sebagai presiden pertama yang membuat event regional seperti ini, Giring menambahkan.

Pada akhirnya, Giring berharap melalui penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 ini dapat membentuk ekosistem Esports yang semakin kuat di Indonesia, sehingga kelak lahir juara-juara esports yang mengharumkan nama bangsa di kancah global.

(OAA/IDGS)
Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Console23 Agustus 2024, 19:46 WIB

ASUS ROG Ally X Dibanderol Rp 13 Jutaan, Simak Kelebihannya Dibanding Saudaranya

ROG Ally X! Lebih powerful, yang disempurnakan berdasarkan feedback dari jutaan gamers di dunia
ROG Ally X (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Console23 Agustus 2024, 18:46 WIB

5 Alasan Kenapa Front Mission 3 Tetap Menjadi Favorit Penggemar RPG Taktis, Nomor 5 Betul Banget!

Buat kamu yang suka dengan game RPG taktis, pasti nggak asing dengan Front Mission 3. Kenapa sih game ini masih jadi favorit? Yuk, kita bahas!
5 Alasan Kenapa Front Mission 3 Tetap Menjadi Favorit Penggemar RPG Taktis, Nomor 5 Betul Banget! (FOTO: frontmission.fandom.com)
PC23 Agustus 2024, 18:40 WIB

Disney's Hercules, Game PC Jadul Tentang Mitologi Yunani yang Cukup Keren

Game jadul Disney's Hercules tentang mitologi Yunani yang masih bisa dimainkan lewat PC
Game Disneys Hercules (Foto: Steam)
Console23 Agustus 2024, 18:33 WIB

Kenapa Kematian di Black Myth: Wukong Tidak Seberat di Soulslike Lain? Ternyata ini Alasannya!

Di dunia Black Myth: Wukong, kematian tidak terasa seberat di banyak game soulslike lainnya. Begitu kamu mati, kamu akan respawn di Keeper’s Shrine terakhir tanpa kehilangan Will yang sudah kamu kumpulkan.
Kenapa Kematian di Black Myth: Wukong Tidak Seberat di Soulslike Lain? Ternyata ini Alasannya!(FOTO: Game Science)
Guides23 Agustus 2024, 18:33 WIB

Cara Unlock 4 Vessel pada Game Black Myth: Wukong

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk umlock Vessel di game Black Myth: Wukong
Black Myth: Wukong (FOTO: Game Science)
PC23 Agustus 2024, 18:25 WIB

5 Game PC Olahraga Besutan EA Sports, Ada Sepakbola hingga Golf. Tersedia di Steam

5 rekomendasi game PC tema olahraga rilisan EA Sport yang tersedia di steam
Game Besutan EA Sports (Foto: YouTube/Nostalgia Channel)
News23 Agustus 2024, 18:24 WIB

5 dari 8 Game Nintendo Versi Mobile Telah Ditutup Termasuk Animal Crossing: Pocket Camp

Nintendo telah memiliki sejumlah game yang dirilis secara mobile termasuk Animal Crossing: Pocket Camp yang dihadirkan pada tahun 2017 lalu.
Animal Crossing. (Sumber: Nintendo)
News23 Agustus 2024, 18:23 WIB

Sandiaga Uno Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun untuk Industri Gim Lokal di Gamescom 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan industri gim lokal Indonesia untuk meraih nilai transaksi hingga US$ 150 juta atau sekitar Rp 2 triliun dalam ajang Gamescom 2024.
Sandiaga Uno Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun untuk Industri Gim Lokal di Gamescom 2024 (FOTO: linkedin)
News23 Agustus 2024, 18:15 WIB

10 Perusahaan Gim Lokal Wakili Indonesia di Gamescom 2024: Siapa Saja Mereka?

Tahun ini, ada 10 perusahaan gim lokal yang terkurasi dan terpilih untuk mewakili Indonesia di pameran terbesar ini.
10 Perusahaan Gim Lokal Wakili Indonesia di Gamescom 2024: Siapa Saja Mereka? (FOTO: Gamescom)
Guides23 Agustus 2024, 18:01 WIB

Tips Memilih Skill Terbaik di Awal Permainan Black Myth: Wukong, Biar Mempermudah Perjalanan Awal Kamu

Di Black Myth: Wukong, ada banyak sekali upgrade yang bisa kamu pilih dalam pohon skill, dan pilihanmu bisa membuat perjalanan awal permainan menjadi lebih mudah.
Tips Memilih Skill Terbaik di Awal Permainan Black Myth: Wukong, Biar Mempermudah Perjalanan Awal Kamu (Foto: Steam)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.