Kamu Pemula? Ini Dia Tips Memilih Console Game

Console Game (FOTO: Freepik.com)

Indogamers.com - Jika kamu seorang pemula, memilih platform untuk memainkan game bisa menjadi salah satu hal yang dapat kamu pelajari. Pasalnya, dunia gaming menyediakan berbagai jenis platform dengan masing-masing spesifikasi, keunggulan, dan kekurangannya. Di samping itu, dengan berbagai pilihan yang ada, kamu bisa memilihnya sesuai dengan preferensi dan kondisimu.

Beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan pertama kali yaitu menetukan gaya bermain. Selain itu, kamu juga dapat memilih ekosistem gaming yang kamu minati. Hal yang jangan sampai terlewatkan juga yaitu mengenai perawatan dan biaya tambahan pada platform yang kita pilih.

Beberapa tips ini mungkin bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilik console game:

Baca Juga: Perbedaan Antara Console Game dan PC Gaming: Mana yang Lebih Baik?

1. Harga

Dalam memilih console game, hal pertama yang mungkin perlu kamu perhatikan adalah harga. Dalam hal ini, harga yang diperhatikan bunkahlah sekedar harga console yang akan dibeli, namun juga biaya-biaya tambahan lainnya seperti game, layanan online, ataupun kontrol tambahan lainnya. Dengan adanya banyak pilihan, kamu dapat menyesuaikannya dengan kemampuan dan pilihanmu.

2. Grafis dan Performa

Grafis dan performa merupakan salah satu penentu utama dalam memberikan pengalaman gaming yang lebih menyenangkan. Konsol dengan kemampuan grafis dan performa yang tinggi akan memberikan pengalaman visual dan gameplay yang halus (Tempo).

Beberapa console game juga memiliki kemampuan grafis yang mumpuni seperi PlayStation 5 dan Xbox Series X yang memiliki kemampuan untuk mendukung game dengan resolusi hingga 4K dan 8K.

Namun, hal ini kembali kepada preferensi kamu dalam bermain game. Apakah game yang akan kamu mainkan memerlukan kemampuan grafis yang tinggi atau grafis yang sederhana.

Baca Juga: Sejarah dan Perkembangan Komunitas Console Game di Indonesia

3. Game Library

Game Library menjadi salah satu aspek penting yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, beberapa game ada yang hanya tersedia pada console tertentu. Pengamatan terhadap game library berarti akan menentukan variasi dan kualitas game yang dapat kamu mainkan. Jika, pastikan kamu memiliki console game dengan tepat.

4. Potabilitas

Jika kamu membeli console game untuk keperluan tertentu, kamu bisa memperhatikan aspek portabilitasnya. Beberapa console dirancang untuk dimainkan di rumah dan sebagian lainnya dapat dibawa bepergian. Kamu dapat memilih kedua jenis ini untuk kenyamanan memainkan console game yang kamu mau.

5. Kebutuhan Penyimpanan

Beberapa game mungkin memiliki ukuran yang besar. Jika kamu salah satu yang mengincar game semacam ini, maka kamu harus memperhatikan kapasitas yang tersedia pada console yang kamu pilih. Kamu juga dapat membeli memori eksternal untuk menambah kapasitas agar mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam memilih console game. Pemilihan console game pada akhirnya kembali kepada kenyamanan dan kebutuhan kamu sebagai pengguna. Jangan sampai kamu membeli console yang tidak bisa kamu nikmati dengan maksimal.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI