4 Console Handheld Gaming Kelas Atas yang Dijual Resmi di Indonesia

Ilustrasi, Console Handheld Gaming Kelas Atas (FOTO: USA Today)

Indogamers.com - Industri gaming saat ini tengah memasuki trend terbaru dengan populernya console handheld. Beberapa console handheld ini muncul berdekatan dengan menghadirkan spesifikasi dan teknologi yang semakin mutakhir.

Di dunia internasional, handheld gaming berhasil kembali eksis dengan hadirnya Nintendo Switch. Namun, tidak semua perangkat ini dijual di Indonesia.

Berikut ini beberapa console handheld yang resmi dijual di Indonesia:

Baca Juga: Kabar Baik, Zenless Zone Zero Segera Debut di Nintendo Switch 2

1. Asus ROG Ally

Perangkat ini mendapat sambutan yang meriah dari gamers dalam negeri. Pasalnya, perangkat handheld ini telah dipamerkan secara global sebelumnya.

Perangkat ini memiliki body yang ringan dan ukuran yang pas sebagai handheld gaming.

Perangkat ini juga memiliki spesifikasi spesial seperti penggunaan prosesor khusus buatan AMD untuk handheld yaitu AMD Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme.

Baca Juga: PUBG Mobile Resmi Kolaborasi dengan Hunter X Hunter, Hadirkan 4 Karakter Menarik

Asus ROG Ally mempunyai layar berukuran 7 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 IPS dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan hingga 500 nits. Terdapat GPU AMD Radeon Graphics RDNA 3 dan telah terhubung dengan GPU eksternal ROG XG Mobile.

Asus ROG Ally menggunakan sistem pendingan inovatif untuk mendukung pendinginan tetap optimal dalam berbagai posisi.

2. Nintendo Switch

Generasi ini hadir dalam dua model yaitu Nintendo Switch Original dan Nintendo Swith Lite. Perbedaan yang paling jelas antara keduanya yaitu pada layar yang berukuran 6,2 inci dan 5,5 inci. Selain itu, perbedaan juga terdapat pada baterainya yang memiliki kapasitas 4.310 mAh dan 3.570 mAh.

Baca Juga: Resmi! Nintendo Switch Diklaim Jadi Konsol dengan Umur Terpanjang Dibanding Pendahulunya

Perbedaan lain yang dimiliki kedua perangkat ini yaitu fitur controller yang bida dilepas pada Nintendo Switch tidak ditemukan dalam versi Lite-nya. Nintendo Switch Lite juga tidak dapat menggunakan docking untuk tersambung ke televisi seperti versi Original.

Kedua console handheld dapat dibelu di Indonesia.

3. Ayaneo Geek

Perangkat ini berasal dari sebuah startup yang mendapatkan pendanaan pada tahun 2020 lalu. Ayaneo Geek rilis di Indonesia dengan menaggandeng jaringan ritel Urban Republic yang merupakan bagian dari Erajaya.

Handheld ini menggunakan sistem operasi Windows 11 dengan layar berukuran 7 inci, resolusi 1280 x 800p, dan resfresh rate 90Hz.

Perangkat ini memiliki prosesor AMD Ryzen U Series dari Ryzen 7 6800U, GPU AMD Radeon 680M, yang juga dilengkapi dengan RAM 16 GB LPDDR5 6400 MHz dan storage 512 GB berbasis M.2 SSD PCle 3.0.

Kamu juga dapat mengunduh berbagai game berbagai platform seperti Ubisoft, Connect, Epic Games, dan lainnya.

4. Lenovo Legion Go

Handheld ini memiliki harga yang cukup tinggi dengan desain hitam yang cukup menarik. Lenovo Legion Go menggunakan chipset AMD Ryzen Z1 Extreme dengan layar 8,8 inci, resolusi QHD+, dan resfresh rate 144Hz.

Perangkat ini juga memiliki RAM 15 GB dan SSD PCle Gen4 1TB yang masih dapat ditambah MicroSD hingga 2 TB. Selain itu, perangkat ini juga memungkinkan controllernya untuk dilepas menjadi joystick.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI