5 Fakta Menarik Sejarah Konsol Game, Awal Era 8 Bit sampai Lahirnya PS5 dan Nintendo Switch

Fakta menarik sejarah konsol game. (FOTO: binus.ac.id)

Indogamers.com-Selain mobile game, gamers mengenal keberadaan konsol game dalam kelahiran Playstation 5 sampai Nintendo Switch.

Perkembangan konsol game pun menyisakan cerita sejarah menarik. Di mana diawali dengan generasi pertama pada 1972 hingga perkembangan saat ini yang semakin canggih dan modern.

5 fakta menarik sejarah konsol game

Nah, bagi yang kepengin tahu lebih banyak tentang konsol game, berikut Indogamers sajikan informasinya, yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Salah satunya dari website binus.ac.id:

1. Perilisan Magnavox pada 1972

binus.ac.id

Perkembangan pada generasi pertama game konsol ditandai dengan munculnya konsol Magnavox Odyssey. Konsol ini adalah game rumahan yang diproduksi secara komersial.

Dikembangkan oleh Ralph H. Baer dan timnya di Sanders Associates, Magnavox rilis di Amerika Serikat pada bulan September 1972.

2. Awal era 8 bit

Biasa disebut juga sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F kemudian Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem.

Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI, di antaranya adalah: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, Atari 520.

Baca Juga: Game MOBA yang dipertandingkan di SEAGAMES

3. Popularitas Family Computer

binus.ac.id

Dari Wikipiedia, era 8-bit adalah generasi ketiga dari konsol permainan video, tetapi yang pertama sejak kejatuhan permainan video 1983 dan dianggap sebagian orang sebagai era "modern" pertama untuk permainan konsol.

Walaupun generasi sebelumnya juga menggunakan prosesor 8-bit, baru pada saat inilah sistem permainan rumah dilabel berdasarkan "bit" yang dimilikinya. Ini lalu menjadi tren saat sistem-sistem 16-bit seperti Mega Drive/Genesis dipasarkan untuk membedakan generasi antar konsol.

Selama era ini, Famicom (singkatan dari "Family Computer") menjadi sangat populer di Jepang.

4. Kemunculan Nintendo dan Sega

Perkembangan konsol game semakin menarik seiring persaingan antara Nintendo dan Sega di Amerika Utara: Super Nintendo Entertainment System (Super Famicom di Jepang) dan Sega Genesis (dinamai Mega Drive di kawasan lain).

5. PS 5 dan Nintendo Switch

nintendo.com

Pada generasi ini persaingan tiga perusahaan besar konsol game mendominasi industri dunia. Tentu dengan fitur dan teknologi lebih canggih. Ketiga perusahaan tersebut adalah Microsoft dengan Xbox One, Sony dengan PS-nya, sampai generasi PS5, dan Nintendo dengan Nintendo Switch.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI