logo

Sedikit Cerita Perjalanan Game Harvest Moon dan Fakta Lain yang Belum Diketahui Banyak Orang

umbrellacorp
Sabtu 03 Agustus 2024, 12:49 WIB
Cerita Perjalanan Game Harvest Moon (Foto: YouTube/DeltaShinyZeta)

Cerita Perjalanan Game Harvest Moon (Foto: YouTube/DeltaShinyZeta)

Indogamers.com - Harvest Moon adalah sebuah seri besutan Natsume yang telah mengalami perjalanan yang cukup panjang selama lebih dari 20 tahun.

Meskipun Harvest Moon memiliki beberapa game yang mendapat pujian, ada juga beberapa judul yang mendapat ulasan beragam. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah seri yang sangat sukses secara finansial dan komersial sepanjang tahun.

Mari kita ketahui lebih banyak sejarah Harvest Moon dengan melihat setiap judul utama dalam seri ini sepanjang perjalanannya yang dikupas oleh kanal YouTube DeltaShinyZeta.

Baca Juga: Boleh Diadu, 10 Game FPS Ringan untuk PC ini Punya Ukuran yang Kecil Tapi Keren. Cocok Buat PC Kelas Menengah

Rilis di Nintendo Tahun 1997

Pada tahun 1997, Natsume merilis Harvest Moon untuk Super Nintendo Entertainment System. Pada saat itu, konsep game semacam ini benar-benar inovatif.

Game ini mengikuti seorang anak laki-laki yang harus mengelola pertanian milik ayahnya, sambil menumbuhkan dan memelihara hewan sebagai tujuan utama. Pemain juga dapat melakukan banyak hal lain seperti memancing dan mencari makan.

Tujuan dari game ini adalah menemukan keseimbangan antara pekerjaan di pertanian dan kehidupan sosial, karena pada akhirnya hal-hal menarik seperti festival dan bahkan pernikahan dapat terjadi. Secara keseluruhan, game ini langsung menjadi sukses besar Harvest Moon di awal kelahirannya.

Baca Juga: Kalau Kamu Penakut, Jangan Coba-coba 15 Game Horor Ini

Rilis di Game Boy Tahun 1998

Pada tahun 1998, Harvest Moon dirilis untuk Game Boy. Ini adalah game Harvest Moon pertama yang dirilis untuk konsol genggam. Game ini juga dirilis ulang untuk Game Boy Color beberapa bulan kemudian dengan tambahan warna.

Perlu disebutkan bahwa ini adalah judul Harvest Moon pertama yang dikembangkan oleh Victor Interactive Software, yang sekarang dikenal sebagai Marvelous Incorporated.

Harvest Moon Game Boy juga merupakan judul pertama dalam seri yang memungkinkan kita bermain sebagai anak laki-laki atau perempuan dan juga menampilkan urutan game over jika gagal memenuhi kriteria tertentu.

Baca Juga: Bukan Hanya Aksi dan Grafis, 6 Game FPS Lawas ini Punya Cerita yang Menarik

Secara keseluruhan, Harvest Moon Game Boy menggunakan banyak elemen dari Harvest Moon asli, tetapi masih merupakan konsep segar pada saat itu dan juga sangat disukai.

Harvest Moon 64

Pada tahun 1999, Harvest Moon 64 yang sangat ikonik dirilis untuk Nintendo 64. Hal ini merupakan langkah besar dalam seri ini karena berbagai alasan seperti grafis yang ditingkatkan dan penambahan banyak fitur baru seperti lebih banyak festival dan album foto ikonik.

Meskipun salah satu dari sedikit keterbatasannya adalah bahwa game ini hanya bisa bermain sebagai anak laki-laki.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kolaborasi Line Rangers dengan Anime Tokyo Revengers, Pemain Makin Dimanjakan Game Gratis Ini

Game ini juga dikenal sebagai tantangan besar untuk mencapai 100% karena membutuhkan pemain untuk menyelesaikan misi dan acara tertentu pada hari tertentu, dan jika melewatkan hari itu, maka harus memulai file baru atau menunggu hingga tahun berikutnya.

Hal ini yang membuat pemain memerlukan waktu untuk menyelesaikan segalanya dalam batas waktu tiga tahun. Secara keseluruhan, Harvest Moon 64 adalah game yang mendapat pujian dan hingga hari ini tetap menjadi salah satu yang mendapat peringkat tertinggi dalam seri ini.

Harvest Moon 2 Game Boy

Pada tahun 2000 Harvest Moon 2 Game Boy Color dirilis ke publik dengan banyak kesamaan dengan Harvest Moon Game Boy.

Baca Juga: 19 Game Indie dengan Popularitas Tinggi, Among Us Masuk Daftar

Bedanya, game ini memiliki opsi untuk memilih anak laki-laki atau perempuan serta elemen gameplay yang lebih sederhana dan santai dibandingkan dengan judul Harvest Moon sebelumnya.

Game ini lebih berfokus pada aspek pertanian dan peternakan. Alasannya adalah karena tujuan dari game ini adalah merevitalisasi tanah dan menghasilkan keuntungan untuk mencegah tanah tersebut digunakan untuk taman hiburan.

Karena penekanan pada uang dan pertanian dalam game ini, pernikahan sebenarnya bukanlah opsi. Secara keseluruhan, Harvest Moon 2 Game Boy Color adalah game yang layak menurut kebanyakan orang, tidak luar biasa tetapi cukup menyenangkan untuk dimainkan.

Baca Juga: 15 Game JRPG Terbaik Baru yang Harus Kamu Mainkan Sekarang di PC dan juga Konsol Kesayangan Kamu!

Harvest Moon Back to Nature

Tahun 2000 adalah tahun pertama yang melihat dua rilis judul Harvest Moon. Yang kedua adalah Harvest Moon Back to Nature. Back to Nature dikenal karena menggunakan model karakter yang identik dan grafik yang mirip dengan Harvest Moon 64.

Meskipun karakternya terlihat sama, banyak yang memiliki kepribadian, keluarga, dan pekerjaan yang berbeda. Ini sering menyebabkan kebingungan bagi pemain yang terbiasa bermain Harvest Moon 64.

Perlu dicatat juga bahwa meskipun game ini menerima rating E dari ESRB, ia juga menyebutkan penggunaan alkohol dan tembakau sebagai bentuk peringatan kepada anak-anak tujuh tahun yang diizinkan bermain game ini.

Baca Juga: 10 Game PC dengan Visual Novel Terbaik. Alur Cerita yang Menarik Bikin Kamu Betah

Hal lain yang patut dicatat adalah bahwa versi perempuan untuk game ini juga dirilis pada tahun 2000, tetapi hanya di Jepang. Baru pada tahun 2007, Barat akhirnya bisa mendapatkan versi perempuan berjudul Harvest Moon for Girl untuk PSP. Secara keseluruhan, Harvest Moon Back to Nature juga mendapat ulasan positif dan menjadi salah satu yang lebih ikonik dalam seri ini.

Harvest Moon 3 Game Boy Color

Pada tahun 2001, Harvest Moon 3 Game Boy Color dirilis yang akan menjadi yang terakhir dari trilogi Game Boy. Hingga hari ini, Harvest Moon 3 Game Boy Color adalah salah satu yang paling khas dalam seluruh seri karena cara kerja gender dalam game ini.

Pada dasarnya, tergantung pada gender yang dipilih, kamu akan mendapatkan cutscene yang berbeda sepanjang permainan, tetapi dua plot tersebut berjalan paralel satu sama lain.

Baca Juga: Profil dan Prestasi Butsss, Pemain yang Tak Masuk Roster Fnatic ONIC MPL ID S14

Jika kamu memilih anak laki-laki, anak perempuan akan bekerja bersama, tetapi jika memilih anak perempuan, kamu akan mendapatkan perspektifnya pada cutscene yang sama, bukan anak laki-laki.

Masing-masing gender memiliki peran yang ditetapkan. Anak perempuan merawat hewan dan produk hewan seperti benang, tetapi anak laki-laki merawat tanaman dan menggunakan semua alat yang dapat ditingkatkan.

Anak laki-laki juga dikenal memiliki stamina lebih banyak daripada anak perempuan. Jika kamu adalah karakter perempuan dan memilih untuk menikah, permainan akan segera berakhir, tetapi jika kamu adalah karakter laki-laki dan menikah, kamu tetap bisa melanjutkan permainan dan terus bekerja. Harvest Moon 3 Game Boy Color juga dipuji karena gaya yang sangat unik.

Baca Juga: Sempat Populer dan Punya Banyak Penggemar, Developer 6 Game Seru ini Ternyata Sudah Tutup. Kamu Pernah Main Game ini?

Harvest Moon Save the Homeland untuk PS2

Pada tahun 2001, Natsume merilis Harvest Moon Save the Homeland untuk PlayStation 2 yang dikenal sebagai game Harvest Moon 3D pertama.

Hal pertama yang biasanya diperhatikan orang adalah grafis yang agak aneh, bukan karena buruk, tetapi karena model karakter terlihat agak tidak pada tempatnya dalam kaitannya dengan lingkungan.

Namun sekali lagi, itu bukan hal yang buruk, hanya berbeda dari apa yang biasa orang lihat pada saat itu dan butuh sedikit waktu untuk terbiasa.

Baca Juga: Hadir Edisi Non PaperMatte, Ini 7 Fitur Andalan Huawei Matepad 11.5 S yang Mudahkan Pelajar maupun Profesional

Cerita untuk game ini dimulai dengan kematian kakek dan kemudian pemain mengetahui bahwa dalam satu tahun tanah tersebut akan digunakan untuk membangun resor dan taman hiburan, sehingga tujuan pemain adalah membuat pertanian sukses dalam satu tahun.

Game ini juga dikenal karena memiliki sembilan akhir yang berbeda tergantung pada pilihan yang kamu buat sepanjang permainan.

Bagian uniknya adalah setelah menyelesaikan satu akhir, kamu bisa memulai dari awal lagi tetapi semua aset akan tetap tersimpan.

Baca Juga: Sutradara Mulai Spill Bocoran tentang Starfield Shattered Space

Tujuan dari gameplay tersebut adalah untuk memotivasi pemain agar mencoba semua sembilan akhir pada akhirnya. Secara keseluruhan, Save the Homeland mendapat ulasan yang sedikit positif dengan kritik terhadap panjang awal permainan yang pendek dan penghapusan pernikahan.

Harvest Moon untuk Game Boy Advance

Pada tahun 2003, Natsume merilis Harvest Moon Friends of Mineral Town untuk Game Boy Advance.

Pengembang Victor Interactive Software berubah menjadi Marvelous Interactive Incorporated karena perusahaan Marvelous Entertainment sekarang memiliki sekitar 55% saham mereka sehingga mereka memiliki kendali dan kekuatan untuk mengubah nama pengembang.

Friends of Mineral Town dikenal karena grafik Game Boy Advance yang lucu dan kecepatan permainan yang cepat. Game ini menampilkan banyak hal menyenangkan seperti festival yang berulang dan kehidupan sosial yang menghibur di Mineral Town.

Baca Juga: Update Kolaborasi Summoners War x Jujutsu Kaisen, Bawa Lebih Banyak Karakter, Event, dan Lebih Banyak Lagi!

Friends of Mineral Town juga dikenal karena dapat terhubung ke A Wonderful Life dan karakter Van adalah karakter kunci untuk ini. Dengan melakukan ini, pemain akan dapat membeli rekaman di kedua game untuk memainkan musik dari banyak game Harvest Moon sebelumnya saat bermain.

Ini adalah konsep yang sangat keren pada saat itu. Friends of Mineral Town juga memiliki versi perempuan yang disebut More Friends of Mineral Town.

Harvest Moon A Wonderful Life

Pada tahun 2004, Natsume merilis salah satu game Harvest Moon yang paling unik dan menarik hingga saat ini, Harvest Moon A Wonderful Life untuk Nintendo GameCube.

Baca Juga: 5 Rekomendasi CPU Cooler Terbaik 2024, PC Tetap Adem dan Stabil

Ada banyak alasan mengapa game ini sangat dicintai. Pertama, game ini adalah salah satu dari sedikit game Harvest Moon dalam sejarah seri yang mencoba menggambarkan kenyataan.

Misalnya, sapi hanya akan menghasilkan susu selama sekitar 40 hari setelah melahirkan dan setelah mereka berhenti, kamu harus membeli sapi jantan dan membuat sapi hamil lagi Anda menginginkan lebih banyak susu, dan proses pemerasan susu memerlukan waktu.

Ayam akan bertelur, tetapi satu-satunya cara untuk mendapatkan telur yang dibuahi adalah dengan membeli ayam jantan. Tanaman hanya bisa ditanam, disiram, dan dipanen satu kotak pada satu waktu.

Baca Juga: PB ESI Selenggarakan Liga Esports Pelajar Nasional 2024, Total Hadiah Rp100 Juta plus Beasiswa Rp3,4 Miliar, Cek Pendaftarannya

Waktu juga berlalu secara harfiah detik demi detik di layar dan tidak berhenti ketika berada di dalam gedung. Tidur tidak selalu membuat bangun secara ajaib pada pukul 6 pagi setiap hari kecuali kamu mendapatkan jam alarm.***

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
Console

5 Game Harvest Moon Terbaik, Masih Layak Dimainkan di 2024!

Rabu 31 Juli 2024, 11:42 WIB
undefined
News

9 Bocoran Harvest Moon: Home Sweet Home Versi Mobile yang Bakal Rilis Agustus 2024

Rabu 31 Juli 2024, 10:35 WIB
undefined
News

Kondisi Menyedihkan Desa Alba di Harvest Moon: Home Sweet Home. Ini yang Terjadi Pada Desa Masa Kecil Harvest Moon

Rabu 31 Juli 2024, 15:43 WIB
undefined
Reviews

12 Game Harvest Moon Terbaik dari Masa ke Masa, Mana Favoritmu?

Kamis 01 Agustus 2024, 07:45 WIB
undefined
Console

5 Fakta Menarik Harvest Moon: Back To Nature, Salah Satu Game Paling Awal Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia

Kamis 01 Agustus 2024, 08:13 WIB
undefined
News Update
Gadget06 Agustus 2024, 23:36 WIB

4 Rekomendasi HP OPPO Tahan Air dan Debu Beserta Harganya

Berikut adalah 4 rekomendasi HP OPPO tahan air dan debu beserta harganya:
OPPO A3 Pro 5G (FOTO: OPPO A3 Pro 5G)
Gadget06 Agustus 2024, 23:10 WIB

4 Perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro

Berikut adalah 4 perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro
Spesifikasi dan Harga Redmi Pad Pro (FOTO: mi.co.id)
Gadget06 Agustus 2024, 21:35 WIB

Perbedaan Smartphone Tecno Camon 20 dan Camon 30

Berikut adalah perbedaan smartphone Tecno Camon 20 dan Camon 30
Tecno Camon 30 (FOTO: Tecno Camon 30)
Guides06 Agustus 2024, 21:09 WIB

Rekomendasi Build Item Ming Honor of Kings, Roamer Kebal Sampai Final

Rekomendasi Build Item yang digunakan dalam memakai Ming di Honor of Kings
Ming Honor of Kings (FOTO: Ming/Honor of Kings)
Guides06 Agustus 2024, 20:43 WIB

Cara Ekspor Kontak dari Gmail Lewat HP, Dijamin Mudah dan Cepat

Ekspor kontak dari Gmail juga berguna untuk menyinkronkan kontak dengan aplikasi tertentu yang membutuhkan akses kontak.
Ilustrasi Gmail (FOTO: pinterest.com)
E-Sport06 Agustus 2024, 20:28 WIB

Daftar Roaster Fanatic Onic di MPL ID Season 14, Rombak Ulang Tanpa Kapten Buts

Memperbaiki kekalahan dan performa yang kurang maksimal, kali ini di MPL ID Season 14 Tim Fanatic Onic mengalami perombakan roaster. Berikut daftar Roaster termasuk Coach Onic di MPL ID Season 14
Tim Fanatic Onic (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Guides06 Agustus 2024, 20:28 WIB

Fitur Unggul Honor of Kings yang Tidak Ada di Mobile Legends

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keunggulan Honor of Kings dan mengapa game ini lebih populer di kalangan penggemar game MOBA meskipun masih menjadi pendatang baru di Indonesia.
Skin Bruce Lee Honor of Kings (FOTO: Instagram/honorofkings.indonesia)
Guides06 Agustus 2024, 20:27 WIB

Pahami! Daftar Urutan Rangking Honor of Kings dan Mobile Legends

Meskipun keduanya memiliki kesamaan namun untuk urutan rangking memiliki perbedaan. Berikut urutan rangking lengkap Honor of Kings dan Mobile Legends yang perlu kamu ketahui:
Honor of Kings Rank (FOTO: Tencent)
Guides06 Agustus 2024, 20:27 WIB

Perbedaan Role Permainan Honor of Kings dan Mobile Legends

Role memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga pemain harus memahami dan menguasai role yang mereka jalankan untuk mendapatkan kemenangan.
Role yang ada di Mobile Legends
Console06 Agustus 2024, 20:27 WIB

10 Game Open World dengan Cerita Paling Keren, Wajib Banget Kamu Mainin!

Di artikel ini, kita bakal ngebahas 10 game open-world dengan cerita paling keren yang wajib banget kamu mainin.
10 Game Open World dengan Cerita Paling Keren, Wajib Banget Kamu Mainin!(FOTO: CD Projekt)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.