Ramai Beredar Bocoran Nintendo Switch 2, Seperti Apa Detail Spesifikasinya?

Gambar render Nintendo Switch 2 (FOTO: x.com/Andy_VGC)

Indogamers.com - Pabrikan game ternama asal Jepang, Nintendo mengumumkan akan menghadirkan perangkat konsol genggam (handheld) terbarunya sebelum 31 Maret 2025.

Konsol game handheld terbaru dari Nintendo ini adalah Nintendo Switch 2, suksesor dari Nintendo Switch.

Meski kehadiran konsol game handheld ini masih lama, namun di dunia maya bocoran mengenai desain dan spesifikasi dari konsol game handheld Nintendo Switch 2.

Baca Juga: Masa Depan Konsol Game Disebut dalam Ancaman karena Teknologi Ini, Apa?

Bocoran mengenai desain Nintendo Switch 2 yang masih berupa render tiga dimensi (3D) dibagikan melalui media sosial X/Twitter oleh akun yang bernama Andy Robinson, yang merupakan jurnalis media game Video Game Chronicles.

Ilustrasi gambar render Nintendo Switch 2

Dalam unggahan tersebut, terlihat render desain Nintendo Switch 2 yang bentuknya mirip dengan Nintendo Switch generasi pertama. Controller konsol ini alias Joy-Con juga bisa dilepas pasang alias detachable.

Bedanya, Nintendo Switch 2 konon mengusung layar 8 inci, meningkat dari 6,2 inci di Nintendo Switch, dan 7 inci di Nintendo Switch OLED.

Kabarnya, layar yang digunakan pada Nintendo Switch 2 ini mendukung resolusi 1.080p, dan dock (alat dudukan untuk menampilkan gameplay Nintendo Switch di televisi) konsol ini kabarnya bakal mendukung resolusi 4K.

Layar pada Nintendo Switch 2 ini akan menggunakan panel LCD, berbeda dengan Nintendo Switch OLED yang layarnya menggunakan panel OLED. Namun, layar Nintendo Switch 2 ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Sementara itu, pada bagian controllernya, Joy-Con diklaim akan memiliki rel samping magnetis (side rail) yang baru. Tombol samping Joy-Con alias tombol SL/SR dan lampu LED flash depan disebut mendapatkan pembaruan.

Selain itu, ada juga tombol baru di di belakang Joy-Con, meski belum diketahui fungsinya. Untuk tata letak (layout) controller-nya secara garis besar masih sama, misalnya tombol ABXY, analog, dan tombol L/R.

Selain bocoran untuk desain Nintendo Switch 2 ini, di dunia maya juga beredar mengenai spesifikasi yang akan hadir pada konsol game handheld terbaru dari Nintendo.

Dikutip dari laman Wccftexh, Nintendo Switch 2 akan menggunakan memori seperti RAM LPDDR5X berkapasitas 12GB dengan kecepatan 7500mHz dan menghadirkan penyimpanan internal sebesar 256GB.

Di sektor dapur pacunya, Nintendo Switch 2 akan menggunakan System-on-Chip (SoC) dengan nama kode GMLX30-R-A1. Belum diketahui rincian spesifikasi dari chipset yang menenagai Nintendo Switch 2 ini.

Nintendo Switch 2 ini juga akan menggunakan dua ports USB-C yang posisinya terletak di bagian atas dan bawah konsol. Selain itu, ada juga jack audio 3,5 mm dan slot untuk kaset game Nintendo Switch atau cartridge.

Untuk fitur-fitur lainnya yang akan hadir di Nintendo Switch 2 ini meliputi fitur NFC, mikrofon, kipas dual cooling, HDMI 2.1, speaker, dan berbagai fitur keren lainnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI