5 Kebiasaan yang Wajib Kamu Terapkan Jika Ingin Jadi Pemain eSports Profesional

Source: www.miastellberg.com

Jadi pemain profesional eSports ternyata tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Main gim 8-12 jam sehari, dikelilingi junk food dan minuman berenergi? Keliru! 

IDGS, Senin, 26 Desember 2022 - Padahal realitanya, pemain eSports profesional tidak hanya melatih mekanik dan pengetahuan gim saja, namun juga membutuhkan kesehatan fisik dan rohani, tak jauh beda dengan atlet-atlet olahraga lainnya.

Itu berarti fisik yang prima, makan makanan bergizi, dan yang jelas, istirahat yang cukup.

Hal itu diungkap oleh psikologist spesialis eSports, Mia Stellberg yang merupakan penasehat psikologis bagi organisasi-organisasi besar di bidang eSports seperti OG, SK Gaming, dan ENCE.

Melansir ONE Esports, Stellberg berbagi 5 rutinitas yang bagus untuk dibiasakan bagi kalian yang ingin menjadi pemain eSports profesional!

 

(Foto: Mia Stellberg)

Pelajari gim yang kamu mainkan

Meningkatkan kemampuan bermainmu bukan melulu soal ngebut bermain non-stop selama 8-12 jam dalam sehari dan berharap akan memperoleh peningkatan. Di saat memang benar pengalaman bermain penting untuk meningkatkan kemampuanmu, mempelajari gim yang kamu tekuni juga tidak kalah pentingnya.

Pada intinya adalah memahami sisi teknis dari gim yang kamu mainkan, mulai dari mekanisme setiap hero/karakter/unit, karakteristik dari suatu map, atau timing spawn dari monster-monster jungle dan masih banyak lagi. Memahami hal-hal teknis tersebut dan menerapkannya dalam latihan akan menambah variasi serta kedalaman pada permainanmu, sehingga musuh tidak mudah membaca pergerakanmu dan bahkan terkejut akan keputusan-keputusan yang kamu ambil secara tidak terduga sehingga membuat mereka lengah.

Jangan hanya berfokus pada trik-trik yang terkesan flashy nan mencolok karena keren saja. Pada dasarnya tim eSports terbaik di suatu gim adalah tim yang paling menguasai mekanisme dasar dan segi teknis dari gim tersebut secara mendalam, serta memanfaatkan pengetahuan itu untuk meraih keunggulan dari lawan.

Olahraga ringan

Duduk berjam-jam memainkan suatu gim yang kamu tekuni akan berdampak negatif bagi fisikmu, yang kemudian akan berdampak buruk bagi pikiran yang ujungnya berakibat buruk dalam permainanmu.

Maka dari itu, memiliki fisik yang prima adalah salah satu kunci sukses bagi atlet eSports. Dengan fisik yang fit, kamu bisa fokus dalam jangka waktu lama sehingga membuat permainanmu meningkat.

"Apa yang kami pelajari dari berbagai penelitian adalah bahwa memiliki tubuh yang fit dengan melakukan hal-hal lain selain duduk di depan komputer, akan membantumu untuk lebih fokus, dan juga meningkatkan mood," kata Stellberg.

"Cobalah untuk berjalan-jalan selama 45 menit. Menghirup udara segar, oksigen, membuat sirkulasi darah lancar hal-hal itu sangat dibutuhkan oleh otakmu," tambahnya.

Selain itu Stellberg menekankan pentingnya memiliki fisik prima ketika mengikut turnamen offlane, apalagi yang berskala besar seperti The International atau LoL World Championship. Di turnamen-turnamen offline inilah, ketahanan fisik seorang pemain eSports profesional diuji hingga batasnya. Hanya mereka yang memiliki fisik prima yang mampu fokus lebih lama ke dalam permainan, sehingga membuat kesalahan yang lebih sedikit dibandingkan lawan-lawannya.

Maka dari itu olahraga tak kalah pentingnya bagi pemain eSports profesional. Tidak perlu olahraga berat seperti atlet-atlet olahraga ortodoks pada umumnya. Cukup memastikan otot-otot tubuh lemas, sirkulasi darah lancar, mood terjaga, serta stamina yang mumpuni untuk bertanding dalam waktu lama. Semua hal itu dapat dicapai dengan olahraga ringan seperti jogging atau work out dalam ruangan, apabila dilakukan secara rutin.

Bagi pemain-pemain eSprots yang bermain bagi tim besar, memiliki fisik yang prima sangat membantu memitigasi efek dari jet lag ketika bepergian ke negara lain untuk mengikuti turnamen internasional.

Makan makanan bergizi

Stellberg menekankan pentingnya para pemain eSports profesional mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka, karena kadar gula darah berpengaruh besar bagi kecepatan reaksimu. Dan minuman berenergi serta junk food berpengaruh buruk bagi kadar gula darahmu.

"Apa yang kamu makan (dan minum) memengaruhi kadar gula darahmu. Kadar gula darah memengaruhi kecepatan reaksimu. Kamu tidak bisa protes ketika tubuhmu tidak bergerak secepat yang kamu inginkan apabila kamu tidak memperhatikan kadar gula darahmu," kata Stellberg.

Stellberg mengungkapkan bagaimana berbagai organisasi eSports besar berusaha semaksimal mungkin agar tim-timnya sukses, dan salah satu cara yang mereka tempuh adalah menjaga kesehatan para pemainnya lewat menu makan dan minum bernutrisi.

Menjaga pola makan yang sehat juga sangat penting bagi atlet eSports di mana dalam gimnya terdapat kompetisi berformat liga yang menguras stamina dan konsentrasi dalam jangka panjang. Menjaga pola makan sehat akan sangat membantu atlet eSports untuk tampil bagus di kompetisi Liga.

Pasang target untuk diri sendiri

Entah menjuarai kejuaraan lokal atau internasional, atau meraih jumlah kill/assist tertentu, memasang target pribadi akan membantu seorang atlet eSports untuk fokus dan termotivasi dalam berlatih maupun saat bertanding.

"Motivasi selalu lebih penting daripada talenta. Selalu, dalam jenis disiplin apapun. Entah dalam karir di bidang olahraga, hukum, ekonomi. Memiliki motivasi selalu lebih penting daripada talenta. Kamu tidak perlu memiliki IQ yang tinggi," jelas Stellberg.

Memiliki motivasi tinggi akan membuat seorang atlet eSports rela melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk meraih targetnya. Entah memperbaiki pola makan, pola hidup, maupun tekad untuk mempelajari gim yang dimainkan, semuanya butuh motivasi untuk melakukannya.

Pola tidur teratur dan tidur yang cukup serta berkualitas

Kurang tidur tentunya sudah bukan hal yang asing lagi bagi para gamer sejati, terutama mereka yang memiliki aspirasi untuk menjadi atlet eSports profesional. Namun pada dasarnya, kurang tidur karena terlalu lama bermain adalah menempatkan motivasi ke arah yang keliru.

Ingat pada poin di atas mengenai fisik yang prima sangat membantu bagi gamer pro? Tidur berkualitas adalah salah satu syarat krusial untuk memiliki fisik yang prima. Namun sayang banyak sekali gamer yang memilih mengorbankan tidur mereka untuk lanjut bermain.

Kebiasaan tidur yang lancar dan berkualitas akan menjaga kecepatan reaksi serta memori dari manusia dua hal yang sangat krusial bagi atlet eSports. Memiliki pola tidur yang sehat dan teratur akan berdampak besar bagi kesehatan tubuh dan otak, membuat seorang pemain lebih termovitasi dan fokus dalam bermain serta berlatih.

Ada kiat khusus yang dianjurkan Stellberg mengenai kebiasaan tidur. Ia menyarankan agar tidak langsung bermain gim ketika bangun tidur dan jam berlatih.

"Kamu setidaknya harus menunggu sekitar 30 menit usai bangun tidur sebelum mulai berlatih. Jangan berlatih pada pukul 02.00 karena tubuhmu tidak dalam kondisi puncaknya. Saya tak punya waktu yang cukup untuk menjelaskan pentingnya tidur bagi pemain eSports. Pola tidur yang teratur adalah hal yang paling sering dilupakan," ungkap Stellberg.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: ONE Esports

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI