Deretan Game Esports Populer Indonesia Sebelum Era Mobile Legends

League of Legends, salah satu game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends (Sumber: epicgames.com) (FOTO: epicgames.com)

Indogamers.com - Beberapa tahun terakhir, industri Esport di Indonesia memang telah berkembang sangat pesat. Dari sekian banyak game esport yang ada di Indonesia saat ini, Mobile Legends menjadi game yang berperan penting dalam memperkenalkan esports ke masyarakat luas.

Game yang mulai populer sejak tahun 2017 ini, bahkan menjadi salah satu game esport terbesar se-Asia Tenggara. Tak hanya, tingkat nasional saja, tournament Mobile Legends ini juga tersebar luas mulai dari tingkat desa hingga tingkat kota. Karena itu, esports Mobile Legends ini sangat digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Padahal, sebelum game Mobile Legends mulai meramaikan dunia esports di Indonesia, Sebenarnya dunia esports sudah aja sejak lama, bahkan sebelum game Mobile Legends dirilis. Saat itu, esports di Indonesia digemari oleh para gamer PC, termasuk para gamers yang masih sering bermain di warnet.

Penasaran bukan game apa saja yang pernah meramaikan esports di Indonesia sebelum Mobile Legends? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Top 10 Pemain Esport Mobile Legends: Bang Bang

1. Dota 2

Dota 2, salah satu game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends (Sumber: dota2.com)

Game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends adalah Dota 2 yang merupakan lanjutan dari Dota pertama hasil mod dari game Warcraft III. Game ini dirilis pada 2013.

Sampai saat ini Dota 2 masih menjadi salah satu game esports paling bergengsi di dunia. Dota 2 termasuk game MOBA yang sangat digemari di Indonesia, khususnya sebelum kemunculan Mobile Legends. Bahkan, kompetisi esports Dota 2 di Indonesia juga masih menjadi salah satu yang terbesar hingga saat ini.

2. Point Blank

Point Blank (PB), salah satu game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends (Sumber: pointblank.id)

Sebelum Dota 2 hadir, tepatnya pada tahun 2009, pengembang game online asal Korea Selatan yang bernama Zepetto, merilis game PC yang bernama Point Blank atau lebih akrab dengan sebutan PB.

Game ini langsung booming di warnet-warnet seantero tanah air. Anak-anak warnet Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan PB. Mayoritas dari mereka hampir pasti pernah coba memainkan game ini. Saking terkenalnya, Zepetto kemudian membuat kompetisi esports PB tingkat nasional dan internasional dengan diikuti banyak peserta. Meski kini pamor game ini sudah menurun, kompetisi esports PB nyatanya masih eksis hingga saat ini.

Baca Juga: Para Legenda Point Blank Comeback di Ajang PBSL Divisi 1 Season 1 2023

3. Counter Strike 1.6

Counter Strike 1.6, salah satu game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends (Sumber: steampowered.com)

Jauh sebelum kedua game PC diatas hadir, Counter Strike 1.6 yang dirilis pada tahun 2003 telah menjadi game esport di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan jika Counter Strike 1.6 adalah pionir game esports modern saat ini.

Game ini mempertemukan dua tim, yaitu teroris dan anti-teroris untuk saling mengalahkan dalam pertempuran. Counter-Strike 1.6 sempat menjadi game kompetisi esports terkenal di Indonesia, walaupun cakupannya saat itu tidak seluas game esports masa kini.

4. League of Legends

League of Legends, salah satu game yang pernah meramaikan esports Indonesia sebelum Mobile Legends (Sumber: epicgames.com)

Selain tiga game di atas, esports Indonesia juga pernah diramaikan oleh game MOBA yang bernama League of Legends. Game ini telah ramai dimainkan sebelum munculnya Mobile Legends.

Baca Juga: Jadwal Lengkap League of Legends, Mulai dari babak Swiss Hingga Knockout Stage

Permainan yang dikembangkan Riot Games ini adalah game yang mencoba menyempurnakan mekanisme game Dota pertama sekaligus menerapkan elemen-elemen yang biasanya ada di game MOBA. Kompetisi esports League of Legends di Indonesia juga sudah bermunculan sebelum adanya Mobile Legends dan game mobile lainnya.

Baca Juga: 10 Game Paling Cuan Buat Player Esport Indonesia

Jadi, pada intinya esport Indonesia ini sudah dimulai sejak industri game mobile belum berkembang. Hal ini terbukti dengan beberapa game di atas yang sudah meramaikan dunia esports Indonesia, meskipun belum besar seperti saat ini.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI