Sejarah MLBB Southeast Asia Cup hingga Berubah jadi MSC di 2024

MSC 2024 siap digelar dan memanjakan para penggemar MLBB. (FOTO: Dok.MSC 2024)

Indogamers.com-Sejarah MLBB Southeast Asia Cup hingga berubah menjadi MSC pada 2024. Dulu hanya di level Asia Tenggara, sekarang mendunia.

Pada 2017 turnamen MLBB Southeast Asia Cup diadakan pertama kalinya. Ini menjadi ajang resmi pertama yang diselenggarakan oleh Moonton. Turnamen diadakan di Jakarta, Indonesia, dengan total 8 tim. Tim asal Thailand IDONOTSLEEP berhasil membawa pulang trofi MSC yang pertama.

Berikutnya pada tahun 2018 event kembali diadakan di Jakarta, Indonesia. Tim Filipina Aether Main berhasil mengalahkan tim asal Filipina lainnya, Digital Devils Pro dengan skor 3-0 untuk menjadi juara.

Pada tahun berikutnya, MLBB Southeast Asia Cup berpindah tempat penyelenggaraan ke Manila, Filipina. Terdapat total 12 tim dari 9 negara di Asia Tenggara.

ONIC Esports, kini Fnatic Onic, yang sukses menjadi juara setelah mengalahkan sesama wakil Indonesia Louvre Esports 3-0.

Baca Juga: Hasil Drawing MSC 2024, Fnatic Onic Segrup dengan Tim Kuat Arab Saudi

Pembatalan MLBB Southeast Asia Cup 2020 karena Covid

Pada tanggal 11 Mei 2020, Moonton mengumumkan bahwa MLBB Southeast Asia Cup 2020 secara resmi dibatalkan karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung. Moonton menjelaskan bahwa karena keterbatasan perjalanan internasional, dan peraturan pemerintah setempat tentang COVID-19, acara tersebut tidak mungkin diadakan.

Turnamen kembali dilangsungkan pada tahun 2021 di mana grand final sesama tim Filipina berlangsung, Blacklist International vs Execration. Dan Execration keluar sebagai raja baru di Asia Tenggara. Ini juga menandai gelar juara kedua untuk Filipina.

Pada 2022 turnamen dilansungkan di Kuala Lumpur, Malaysia. Di mana RSG Filipina mengandaskan RRQ Hoshi 4-0 dan keluar sebagai juara, sekaligus memberikan gelar ketiga bagi Filipina.

Cikal bakal perubahan menjadi MSC

Pada tanggal 18 Februari 2023, Moonton mengumumkan bahwa turnamen 2023 akan memiliki tim dari Amerika Utara, Turki, dan MENA (Timur Tengah dan Afrika). Langkah ini diambil untuk meningkatkan keragaman kompetitor mengingat semakin matangnya kompetisi di Asia Tenggara.

Pada event ini tim Indonesia ONIC (Fnatic Onic) menjadi juaranya setelah mengalahkan Blacklist International di Grand Final dengan skor 4-2. Ini sekaligus jadi gelar kedua Fnatic Onic di ajang ini.

Baca Juga: Format Kompetisi, Jadwal, Prizepool, dan Lokasi MSC 2024, Mampukah Fnatic Onic Mempertahankan Prestasi?

Pada 1 Januari 2024, Moonton mengumumkan perubahan nama menjadi Mid Season Cup (MSC) dan pada 23 Januari, disebutkan kalau MSC akan diselenggarakan sebagai bagian dari Piala Dunia Esports di Riyadh, Arab Saudi dengan hadiah naik 10 kali lipat dari tahun sebelumnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI