Mengenal Peran dan Tugas Brand Ambassador di Tim Esports Indonesia

Para brand ambassador klub esports Indonesia. (FOTO: Instagram/istimewa)

Indogamers.com-Mengenal peran dan tugas Brand Ambassador tim Esports Indonesia. Apa keberadaan mereka penting?

Di kolom komentar akun IG resmi Evos Esports, seorang netizen yang tidak tahu menanyakan peran dan tugas Brand Ambassador.

Pertanyaan tersebut tidak salah. Sebagai penggemar yang awam, ia perlu tahu peran dan tugas yang dijalankan Brand Ambassador.

Atau lebih tepatnya ngapain tim-tim esports Tanah Air memerlukan Brand Ambassador segala. Padahal secara brand mereka sudah dikenal.

Baca Juga: Profil dan Biodata Alyssa Ananta, BA Evos Berhijab Berzodiak Capricorn

Apa sih brand ambassador

Sebelum mengetahui peran dan tugas brand ambassador di tim esports Indonesia, sebaiknya kita tahu dulu pengertian brand ambassador.

Dikutip dari journal.untar.ac.id, brand ambassador atau duta merek adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, sehingga konsumen dapat tertarik dan diundang untuk membeli atau menggunakan produk dengan keahlian dan daya tarik.

Instagram/anisarahim

Dari pengertian di atas tentu kita jadi tahu tugas dan peran brand ambassador tim esports Indonesia.

Apa saja?

1. Sebagai representasi tim

Pertama, tugas brand ambassador tentu saja menjadi representasi atau perwakilan tim. Para BA ini menjadi wakil untuk mengampanyekan citra positif tim esports yang diwakilinya.

2. Meningkatkan brand awareness

Keberadaan BA juga bisa meningkatkan brand awareness dari tim esports yang diwakilinya. Semakin terkenal BA tersebut, semakin meningkat pula citra tim esports yang diwakilinya.

3. Menarik sponsor/brand

Sebagai influencer, sudah jelas keberadaan para BA ini bisa membantu tim-tim esports menarik sponsor untuk masuk menjadi mitra kolaborasi.

4. Aktivitas komunitas

Para BA ini juga bisa menjadi motor kegiatan aktivitas komunitas tim esports yang dilakukan. Banyak kegiatan komunitas yang melibatkan keberadaan BA.

5. Suporter tim

BA juga menjadi suporter tim paling loyal. Mereka akan hadir di setiap kejuaraan atau turnamen yang diikuti tim esports yang diwakilinya.

Instagram/alyssaanantaa

Dalam penelitiannya, berjudul 'Peran Brand Ambassador Perusahaan E-Sport dalam Menumbuhkan Loyalitas Penggemar', Kellie Wen dan Roswita Oktavianti dari Universitas Tarumanagara mengungkap pegaruh positif keberadaan BA.

Baca Juga: 7 Potret Manis Alyssa Ananta, BA Evos yang Tampil Natural dengan Hijab Hitam

Disimpulkan bahwa pengaruh seorang brand ambassador dalam membangun loyalitas penggemar untuk perusahaan E-Sport sangatlah penting.

Selain itu penelitain ini menunjukkan hasil bahwa pentingnya indicator visibility, credibility, attraction, dan power brand ambassador untuk menumbuhkan atau meningkatkan loyalitas penggemar.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI