Olimpiade Esports Pertama Resmi akan Digelar di Arab Saudi Tahun 2025

Olimpiade Esports. (Sumber: Olimpiade)

Indogamers.com - Arab Saudi sebagai negara Islam, saat ini semakin terbuka dengan dunia luar salah satunya dengan meningkatkan pendapatan melalui sektor hiburan dan pariwisata.

Terbaru, negara tersebut resmi akan menjadi tuan rumah olimpiade esports pertama yang rencananya digelar pada tahun 2025 mendatang. Keputusan tersebut melanjutkan pembuktian Arab Saudi sebagai tuan rumah yang baik, setelah saat ini sedang menyelenggarakan Esports World Cup.

Disadur dari situs resmi olimpade, pengumuman penting tersebut muncul dari kesepakatan 12 tahun yang ditandatangani antara IOC dan Federasi Esports Saudi.

Baca Juga: Mantap! Sekuel Journey to the Savage Planet Lagi Dikembangkan

Hal itu merupakan hasil kolaborasi antara Thomas Bach, Presiden IOC, dan HRH Pangeran Abdulaziz, Menteri Olahraga Arab Saudi.

Sebelumnya, IOC diketahui sudah cukup lama punya keinginan untuk memperkenalkan esports ke dalam Olimpiade. Melalui LinkedIn, Ralf Reichert, CEO dari Esports World Cup Foundation menjelaskan apa yang ingin ia kerjakan di masa depan.

"Tim nasional dan kebanggaan masih terbelakang dalam esports tapi saya yakin hal ini akan berubah seiring berjalannya waktu. Ini adalah langkah besar bagi olahraga ini, bukan karena dampak jangka pendeknya, melainkan prospek jangka panjangnya," katanya.

Baca Juga: Pembaharuan Patch 1.8.98 di Mobile Legends: Revamp Granger dan Penyesuaian Lainnya

Olimpiade Esports perdana di Arab Saudi tahun depan, sekaligus memperkuat pandangan dunia bahwa negara tersebut sangat terbuka dengan berbagai kerja sama.

Thomas Bach dari IOC mengatakan, meski begitu tetap saja ada beberapa kekhawatiran yang perlu diwaspadai.

"Dengan bermitra dengan NOC Saudi, kami juga memastikan bahwa nilai-nilai Olimpiade dihormati, khususnya, terkait dengan judul-judul pertandingan dalam program tersebut, promosi kesetaraan gender dan keterlibatan dengan penonton muda, yang merangkul esports,” katanya.

Baca Juga: Penulis Dragon Age Ungkap akan Ada Sesuatu yang Hilang dari Gamenya

Namun saat ini belum diketahui akan serutin apa Olimpiade Esports diadakan, entah setiap empat tahun sekali atau seperti apa, kita tunggu saja guys.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI