Pemain Talon Esports, Ws, Menjadi Pemain Dota 2 Pertama yang Mencapai 15K MMR, Namun Legitimasi Prestasinya Dipertanyakan

Talon Esports Offlaner Ws (FOTO: dotesports.com)

Indogamers.com - Pemain Offlaner dari Talon Esports, Ws, menjadi pemain Dota 2 pertama di dunia yang mencapai tonggak sejarah 15K MMR.

Namun, apa yang seharusnya menjadi prestasi yang luar biasa dan patut dihargai ini malah menuai keraguan dari para penggemar, yang mempertanyakan keabsahannya karena adanya inflasi MMR yang disebabkan oleh penggunaan Double Down Tokens.

Dikutip dari laman dotesports.com, pemain asal Malaysia yang berusia 19 tahun tersebut memposting tangkapan layar profil Dota 2-nya di Facebook pagi ini.

Baca Juga: Pengen Mabar di Mini Game Dota 2 Sleet Fighter, Ini 5 Langkahnya yang Perlu Kamu Tahu

Dengan 15.007 MMR, Offlaner Asia Tenggara ini telah mencapai tonggak yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Namun, thread di Reddit yang mengumumkan hal ini memunculkan pertanyaan tentang prestasi Ws, dan lebih luas lagi, inflasi MMR dalam game saat ini karena mudahnya mendapatkan Double Down Tokens dan kurangnya reset MMR.

"Baru saja kita mendapatkan 14K MMR pertama 2-3 bulan lalu? Ini gila," kata komentar teratas di thread tersebut, merujuk pada Offlaner Team Falcon, ATF, yang baru-baru ini mencapai tonggak sebelumnya.

Baca Juga: Cara Memainkan Sleet Fighter di Dota 2

Pemain lain menambahkan, "Ws sendiri kurang dari 12k 90-an hari yang lalu. Ini hanya menunjukkan betapa inflasinya MMR dengan semua double down ini."

Namun, komunitas tidak kekurangan apresiasi terhadap prestasi luar biasa Ws. Kritik mereka sebagian besar diarahkan kepada Valve, dan untungnya, bukan kepada Ws secara individu.

Double Down Tokens menjadi masalah bagi struktur MMR, terutama di peringkat yang lebih tinggi, karena beberapa faktor: Sudah ada fluktuasi besar dalam perolehan dan kehilangan MMR tergantung pada peringkat pemain dalam lobi Immortal Draft sejak diperkenalkannya sistem Glicko.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mini Game Dota 2 Sleet Fighter yang Curi Perhatian

Rentang fluktuasi ini berkisar dari 10 hingga 40. Pool Immortal juga kecil, sehingga pemain sebagian besar sudah mengenal pemain lain di lobi. Ini berarti, bahkan sebelum drafting dimulai, lebih mudah untuk menilai apakah kamu lebih mungkin memenangkan pertandingan.

Hal ini mengarah pada skenario di mana pemain akan menggunakan Double Down Tokens pada saat yang tepat untuk memenangkan 80 MMR dari satu pertandingan, dan melakukannya secara konsisten menghasilkan peningkatan MMR yang absurd dalam jangka waktu yang singkat.

Sementara Ws harus diberi ucapan selamat atas prestasinya yang luar biasa, ini adalah momen yang baik untuk menuntut sistem peringkat yang lebih baik yang bekerja untuk kelompok pemain Dota 2 di peringkat teratas.**

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI