5 Fakta Menarik Game EA Sports usai 'Cerai' dari FIFA, Makin Cuan, Leluasa Gaet Sponsor

EA sports justru makin cuan usai 'bercerai' dengan FIFA. (FOTO: ea.com)

Indogamers.com-Game sepak bola EA Sports menuai cuan lebih banyak seusai putus hubungan atau 'bercerai' dari FIFA.

Electronics Arts (EA), sebagai perusahaan dari game EA Sports FC, kini bahkan lebih leluasa mencari sponsor tanpa harus terbentur aturan FIFA.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait perkembangan game EA Sports ini, Indogamers akan beberkan sejumlah fakta menarik di bawah ini.

1. Akhir kerja sama tiga dekade FIFA dan EA

EA dan FIFA sudah bekerja sama hampir tiga dekade lamanya, sebelum akhirnya memutuskan untuk menyudahinya pada 2022 lalu.

Akhir kerja sama yang sudah terjalin sejak 1993 ini, membuat 150 juta pemain video game tersebut mesti membiasakan diri dengan nama baru, yakni EA Sports FC.

Baca Juga: Jarang Orang Tahu! Ini Arti Warna Lingkaran Hijau, Tosca, dan Biru Saat Mengecas HP Samsung Galaxy

2. Terjual 30 juta kopi per tahun

Dalam kurun tiga dekade kerja sama, franchise "FIFA" berhasil menjual hampir 30 juta kopi setiap tahunnya.

Pendapatan dari transaksi dalam game tersebut menghasilkan total pendapatan tahunan mencapai lebih dari USD3 miliar, menurut perkiraan firma analis MoffettNathanson.

3. EA Sports menolak kompensasi USD 150 juta per tahun

Kerja sama antara EA dan FIFA berakhir, salah satunya karena EA menolak kompensasi yang diajukan FIFA sebesar USD 150 juta per tahun untuk lisensi pemakaian namanya.

EA kemudian mengubah nama menjadi EA Sports FC.

Senior Vice President EA Sport Andrea Hopelain mengatakan, perubahan nama tersebut sebagai salah satu rebranding terbesar dalam sejarah hiburan.

4. Rebranding justru makin cuan

Langkah yang diambil EA malah membuat mereka semakin cuan. Sejak putus hubungan dengan FIFA, perusahaan mengalami peningkatan pendapatan 4-6 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Selain itu, EA juga bisa lebih leluasa bekerja sama dengan sponsor seperti Nike dan Pepsi, yang sebelumnya terhalang oleh hubungan FIFA dengan Adidas dan Coca-Cola. Inovasi baru juga muncul, seperti fitur berbagi cuplikan video dan pembelian merchandise digital.

Baca Juga: Profil AP Bren Esports: Sejarah Awal Hingga Prestasi yang Membanggakan

Dikutip dari CNBC Indonesia, EA Sports juga sudah menjadi brand yang kuat dengan logo mereka di lengan wasit Premier League. Di sisi lain, uang yang sebelumnya digunakan untuk FIFA kini dialihkan ke promosi seperti mensponsori La Liga yang kini dinamakan "LaLiga EA Sports".

5. FIFA mencoba membuat game saingan

FIFA tak tinggal diam dengan langkah bisnis EA. Induk organisasi sepak bola dunia ini kabarnya membuat game saingan dan diklaim lebih baik.

Akan tetapi, sejumlah analis menyebut, langkah FIFA ini sepertinya akan menemui jalan terjal, mengingat jaringan penggemar luas dan loyal yang kini dimiliki EA.

EA kini pun tengah menyambut musim baru game mereka yang lebih menjanjikan pada 27 September mendatang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI