IDGS - Awal April lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio menggelar ajang cipta game Ayo Bikin Game di Rumah Aja. Dalam ajang yang juga didukung oleh Garena, Maingame.com dan Telkomsel ini, Kemkominfo mengajak masyarakat untuk mengasah kreativitas mereka dalam membuat game, yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai sarana sosialisasi pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 yang saat ini menyebar di Indonesia.
Ajang ini benar-benar menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lalu pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan ada juga seorang mahasiswa Indonesia peserta kategori umum yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta membuat game di acara ini.
Tercatat ada 238 karya tercipta dalam Ajang Cipta Game Ayo Bikin Game di Rumah Aja ini. Rinciannya ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Setelah melalui proses penjurian dan juga voting masyarakat, berikut adalah daftar game-game terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi dari pihak sponsor.
Kategori SD
Pemenang Pertama: Fight the Virus (Anneke Nazeeya Setiawan)
Pemenang Kedua: Attack on Corona (Ananda Tri Noviar Rahmadanu Pangestu)Kategori SMP
Pemenang Pertama: Mr Sprayman (Aghnat Hasya Sayyidina)
Pemenang Kedua: Social Distancing The Game (Gavin Malik Setiawan)Kategori SMA
Pemenang Pertama: Di Rumah Aja (Raihanita Damayanti)
Pemenang Kedua: Sijaro (Wiaji Robian Dwi Cahya)Pemenang Favorit Junior: Petualangan Covid-19 (Akbar Wicaksono)Kategori Umum
Pemenang Pertama: Stay - A Cute but Anxious Girlfriend Simulator (Fajri Rahmadhany)
Pemenang Kedua: Safey Shoppy (Vinda D Zoebir)Pemenang Ketiga: Fight Covid-19 (Andrie Nata. S)Pemenang Favorit Umum: Planet Covid (Kevin Jaya Wiguna)Kami senang sekali melihat antusiasme para peserta dari berbagai penjuru Indonesia, meskipun waktu sosialisasinya sangat singkat, ungkap Co-Founder/CEO Clevio Fransiska Oetami. Karya-karya yang terkumpul banyak banget yang luar biasa. Terus terang bangga sekali melihat bagaimana anak-anak Indonesia bisa menuangkan ide-ide kreatif dan positif melalui game untuk mengedukasi masyarakat tentang wabah Covid-19 yang sedang kita hadapi ini.
Tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk menilai siapa yang terbaik, karena game-gamenya keren-keren sekali, sarat nilai edukatif dan pastinya seru, lucu, asyik dimainkan. Selamat untuk para pemenang #ayobikingame #dirumahaja, juga terima kasih untuk semua peserta yang sudah ikut, terima kasih untuk kreativitas dan semangat kalian menebar inspirasi lewat serunya bermain game. Kalian sudah menunjukkan bagaimana dengan teknologi, tidak ada batas jarak maupun usia untuk berkarya, bahkan di masa sulit sekalipun. Kami tunggu karya-karya kalian selanjutnya di clev.io! paparnya.
(OAA/IDGS)
sumber : press rilis