Nintendo Alami Kebocoran Data Terkait Hardware dan Source Code dari Beberapa Konsolnya

null

IDGS, Kamis, 6 Mei 2020 - Kebocoran data dan informasi menimpa Nintendo. Ribuan file terkait konsol Nintendo Wii termasuk detail dari desain serta source code dilaporkan bocor ke internet. Pastinya informasi-informasi tersebut akan sangat menarik bagi para penggemar dan pengembang emulator, data miner, hingga pihak-pihak tak bertanggung jawab.

beberapa tautan dari data-data Nintendo yang bocor itu diposting di forum 4chan. Masih belum jelas siapa yang bertanggung jawab membocorkan data-data rahasia Nintendo, namun disebutkan bahwa source code dari Wii serta detail skematik dari perangkat keras salah satu konsol tersukses Nintendo itu juga bocor.

Selain itu ada juga demo tes dari konsol Nintendo 64 (1996), serta informasi-informasi internal terkait konsol GameCube (2001).

 

Kebocoran data tersebut juga termasuk ROM untk berbagai perangkat keras Nintendo 64 atau demo tesnya yang ditujukan untuk memamerkan kemampuan dari konsol lawas tersebut.  (Nintendo)

"Hal tergila dan terbesar dari kebocoran ini adalah datasheet, diagram blok, dan file-file Verilog dari setiap komponen," tulis seorang pengguna forum ResetEra dengan nama Atheerios.

"Verilog adalah bahasa deskripsi suatu perangkat keras, yang digunakan untuk mendeskripsikan sirkuit via kode, jadi dengan Verilog, kita bisa mempelajari secara detail bagaimana setiap keping dari Wii diciptakan," tambahnya.

 

https://youtu.be/cT-cHWUoUPs

 

Meski kebocoran tersebut mengungkap banyak spesifikasi akan perangkat keras dan lunak Nintendo Wii, siapa saja yang menggunakannya untuk menciptakan Wii atau emulator berdasarkan data-data yang bocor itu kemungkinan besar akan berhadapan dengan tuntutan hukum dari Nintendo. Jadi jangan senang dulu ya hehe.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Kotaku

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI