Kemkominfo Rekomendasikan Beberapa Judul Game dan Permainan yang Bikin Betah di Rumah

null

Lawan corona, Kemkominfo sarankan beberapa judul game dan permainan agar warga tidak bosan di rumah

IDGS, Senin, 11 Mei 2020 - Pandemi virus corona SARS-CoV-2 (COVID-19) membuat pemerintah Indonesia menerapkan berbagai strategi dan kebijakan untuk menangkal penyebaran pandemi yang pertama kali muncul di Wuhan, China, tersebut.

Beberapa di antaranya adalah meliburkan sekolah-sekolah, melarang berkumpul dalam jumlah besar, hingga menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) agar warga bisa saling menjaga jarak, baik secara sosial maupun fisik (social & physical distancing)

Akan tetapi kebijakan menjaga jarak memiliki sisi negatifnya sendiri. Selain tidak semua orang bisa mematuhinya, mereka yang bisa pun mengalami stress karena keterbatasan aktivitas dan ruang gerak.

Maka dari itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia merekomendasikan beberapa judul video game dan permainan untuk melepas stress warga, seperti yang bisa kalian lihat di bawah ini.

(Kemkominfo)

Tampak judul-judul video game yang sudah tak asing lagi bagi para gamer. Ada Fortnite, Clash of Clan, hingga game yang lagi naik daun seperti Arknights dan Animal Crossing.

 

Kenapa memilih judul-judul game tersebut?

Melihat dari rekomendasi tersebut, Kemkominfo nampaknya menilai bahwa judul-judul game tersebut ampuh untuk mengusir stress serta aman untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Penilaian Kemenkominfo akan beberapa judul video game patut dipertanyakan, seperti Fortnite yang pada dasarnya bergenre battle royale. Mungkin karena desain dan artwork yang lebih bersahabat serta tidak menonjolkan pertumpahan darah laiknya PUBG jadi pertimbangan tersendiri bagi Kemkominfo.

 

Salah satu artwork dari Arkngiths. (Yostar/Hypergryph)

Arknights juga tidak sepenuhnya "aman" karena artwork dari beberapa karakter wanita di game mobile keluaran China itu bisa dibilang agak "tidak aman" serta gamenya sendiri bernuansa cukup "dark". Namun secara garis besar Arknights lebih menonjolkan cerita dan gameplay tower defense membuat faktor artworknya tertutupi.

Bagaimana menurut kalian, adakah yang kalian mainkan dari judul-judul game di atas?

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI