Duet Huawei dan Xiaomi Kembali Jungkalkan iPhone

Counterpoint Research merilis data bahwa pada momen Harbolnas China ini, penjualan iPhone 15 tidak semantap pendahulunya, iPhone 14 (FOTO: iPhone)

INDOGAMERS.COM - Tanggal 11 September lalu, masyarakat China merayakannya sebagai festival belanja. Banyak barang-barang yang ditawarkan pada momen ini, dengan mendapatkan sambutan pembeli yang luar biasa. Itu termasuk handphone.

Seperti yang sudah diberitakan Indogamers.com beberapa hari terakhir soal melemahnya penjualan iPhone di China, momen festival belanja ini juga menguatkan hal itu.

Baca Juga: Epic Comeback! Huawei Mate 60 Pro Kalahkan iPhone 15

Counterpoint Research merilis data bahwa pada momen Harbolnas China ini, penjualan iPhone 15 tidak semantap pendahulunya, iPhone 14. Bahkan kali ini, produk Apple ini dikalahkan dengan telak oleh Huawei dan Xiaomi.

Penjualan iPhone 15 di China tercatat menurun 4% dalam dua minggu, dari tanggal 30 Oktober hingga 12 November. Berbanding terbalik dengan angka penjualan yang dicatatkan Xiaomi yang naik 28% dan penjualan Huawei yang meningkat signifikan hingga 66% pada periode yang sama. Kedua brand ponsel China itu kemudian berkontribusi dalam peningkatan 5% dari total belanja ponsel brand lokal saat Harbolnas itu.

Baca Juga: Pesanan Huawei Mate 60 Pro Menggila, China Tertawakan Sanksi Amerika

“Perusahaan membukukan angka pertumbuhan yang sangat bagus, namun jelas ada efek dasar yang terjadi. Kami perkirakan pertumbuhannya akan meningkat lebih dari setengahnya pada tahun ini, namun angka tersebut masih belum bisa mendekati tingkat sebelum adanya COVID-19. Tapi ini menandakan tahun 2024 yang menjanjikan,” demikian kata analis Counterpoint China, Archie Zhang, dalam keterangannya.

Kesuksesan brand lokal China itu dikontribusikan oleh kesuksesan Huawei dalam rilisan terbaru mereka Mate 60 Series, yang berhasil menggunakan chip lokal dengan kapasitas monster tanpa menggunakan teknologi Amerika yang sebelumnya mereka pakai.

Jika kita melihat kembali head to head secara jelas antara brand lokal China melawan iPhone 15 ini, sangat jelas tergambar dari data JD.com yang merilis keterangan bahwa selama festival belanja itu, Xiaomi mencatat penjualan di semua platform mencapai 22,4 miliar yuan (Rp48,7 triliun), sedangkan volume produk Apple yang dijual hanya lebih dari 10 miliar yuan atau Rp21,7 triliun saja.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI