Mengenal Tipe-tipe USB yang Saat Ini Digunakan di Smartphone

Tipe-tipe USB untuk smartphone (FOTO: Rexus)

Indogamers.com - Penggunaan kabel data pada sebuah smartphone tidak hanya pada urusan pengisian daya baterai saja. Namun, digunakan juga sebagai alat untuk transfer data.

Sejak pertama kali diperkenalkannya kabel data atau USB (Universal Serial Bus) hingga saat ini sudah hadir dengan berbagai macam tipe. Hal ini tentu saja mengikuti tuntutan perkembangan teknologi. Tipe-tipe USB pada smartphone ini tergantung dari port yang tersedia.

Seperti dikutip dari laman Recci, Teknologi USB pertama kali diperkenalkan pada Januari 1996 dan mulai diproduksi secara massal pada Mei 1996 dengan nama USB 1.0. USB USB 1.0 memiliki kecepatan transfer data yang masih sangat terbatas. Kecepatan terendah transfer datanya adalah 1,5 Mbps sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 12 Mbps.

Nah, untuk teknologi USB terbaru saat ini telah sampai pada generasi keempat yang bernama USB 4.0 yang mulai berkembang pada tahun 2019. Namun, USB tersebut masih belum tersedia di pasaran. Untuk kecepatan transfer datanya, USB 4.0 ini diklaim bisa mencapai 50 Gbps.

Semua kabel data yang beredar di pasaran pada dasarnya berbasis pada teknologi USB. Perbedaannya hanya terletak pada tipe konektor yang digunakan. Umumnya ada tiga tipe konektor yang digunakan pada smartphone.

Apa saja tiga tipe USB tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Micro USB

Ilustrasi Micro USB (FOTO: Philips)

Micro USB adalah salah satu tipe USB yang paling banyak digunakan pada smartphone. USB ini pertama kali digunakan pada tahun 2008 untuk perangkat periferal komputer. Micro USB sendiri umumnya berbasis pada teknologi 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5 Gbps dengan output daya 5V dan 1,5A. Penggunaan Micro USB bisa kamu jumpai pada smartphone kelas menengah kebawah atau entry level dengan banderol harga dibawah Rp2 jutaan.

2. USB Type C

Ilustrasi USB Type C (FOTO: Tokopedia)

Tipe USB selanjutnya yang sering digunakan pada smartphone adalah USB Type C. Kamu bisa menjumpai menggunakan USB Type C ini pada smartphone kelas mid-end dan high-end yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan keatas.

Konektor USB Type C memiliki bentuk pipih dengan permukaan yang sama baik di sisi bagian atas maupun bawahnya. Bentuk inilah yang membuat USB Type C memiliki kemampuan reversible.

USB Type C umumnya berbasis pada teknologi USB 3.1. Karena itu, kabel data yang menggunakan konektor tipe ini memiliki kecepatan transfer data hingga 10 Gbps dengan output 20V dan 5A.

3. Lightning

Ilustrasi USB Lightning (FOTO: Ibox)

Tipe USB terakhir yang paling banyak digunakan pada smartphone adalah Lightning. Namun perlu diingat, USB Lightning ini tidak tersedia pada smartphone Android. Sebab, USB Lightning ini merupkan tipe USB yang dikembangkn secara eksklusif oleh Apple.

Konektor lightning sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 sebagai pengganti konektor 30 pin yang sebelumnya banyak digunakan pada perangkat buatan Apple. Sedangkan untuk basis teknologinya sendiri, USB lightning ada yang menggunakan teknologi USB 2.0 dan  ada juga yang menggunakan USB 3.0.

Kamu bisa menemukan penggunaan USB Lightning ini pada perangkat keluaran Apple tahun 2012 keatas seperti, iPhone dan iPad.

Nah, itulah tadi beberapa tipe USB yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI