Apa Saja Perbedaan Layar IPS dan AMOLED untuk Smartphone? Simak Penjelasannya

Perbedaan layar IPS dan layar AMOLED (FOTO: youtube.com/alistudio gadget)

Indogamers.com - Perkembangan teknologi smartphone sangat pesat. Salah satunya terlihat pada bagian layar.

Saat ini, ada dua jenis layar yang sering digunakan pada smartphone, yaitu layar IPS dan AMOLED. Kedua jenis teknologi layar smartphone ini tentunya memiliki perbedaan.

Apa saja perbedaan dari layar IPS dan AMOLED yang digunakan pada smartphone? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Layar IPS?

Layar IPS (In-plane Switching) merupakan panel yang sering digunakan pada layar LCD.

Layar IPS banyak digunakan pada smartphone Android maupun iOS. Namun, smartphone yang paling banyak menggunakan layar IPS adalah produk dari Apple.

Karena harga produksi panel IPS ini sangat mahal, maka kebanyakan smartphone yang menggunakan layar IPS adalah smartphone kelas menengah ke atas.

Keunggulan layar IPS

Dikutip dari Mpdmobilepart, layar IPS umumnya dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada layar AMOLED dan menawarkan sudut pandang serta akurasi warna yang lebih baik.

Layar IPS mampu mereproduksi warna yang akurat, sudut pandang lebih besar, tidak ada tanda air saat disentuh, serta menghemat daya dan perlindungan lingkungan.

Layar IPS juga menawarkan masa pakai baterai lebih lama karena tidak memerlukan kecepatan refresh setinggi layar AMOLED.

Kekurangan layar IPS

Layar IPS memang masih lebih unggul dari segala hal dibandingkan dengan layar AMOLED. Namun, warna yang dihasilkan layar IPS masih kurang bagus dan pekat daripada layar AMOLED.

Apa Itu Layar AMOLED?

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan hasil pengembangan dari layar OLED.

Layar AMOLED ini menggunakan lampu latar seperti LCD yang setiap pikselnya menyala satu per satu, seperti dilansir dari Mpdmobileparts.

Hal ini memungkinkan warna yang dihasilkan layar AMOLED lebih cerah dan warna hitam yang lebih pekat karena tidak perlu menyalakan tiga warna atau lebih saat hanya menampilkan satu warna.

Keunggulan layar AMOLED

Keunggulan dari layar AMOLED adalah warna yang lebih alami,. Sebab, layar AMOLED menghasilkan warna yang lebih cerah dan memiliki rasio kontras lebih tinggi untuk warna hitam pekat.

Selain itu, layar AMOLED juga memiliki kelebihan seperti visibilitas luar ruangan yang lebih baik. Hal ini terjadi karena layar AMOLED tidak memantulkan cahaya seperti layar IPS.

Kekurangan layar AMOLED

Kekurangan layar AMOLED adalah kemampuan piksel AMOLED menurun seiring waktu yang menyebabkan warna hitam menjadi keabu-abuan, bukan hitam pekat. Hal ini dikenal sebagai “Burn-in”.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI