Suka Bikin Penasaran, Kenali 6 Penyebab Smartphone Sering Restart Sendiri Tanpa Disengaja

Ilustrasi smartphone yang sering restart sendiri (FOTO: Pinterest)

Indogamers.com - Saat smartphone yang kamu gunakan sering restart sendiri, tentu saja menjadi masalah yang sangat mengganggu. Masalah smartphone sering restart sendiri ini tidak hanya terjadi pada smartphone entry-level saja, namun smartphone high-end pun sering kali mengalami masalah tersebut.

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari komponen hardware HP maupun software.

Nah, karena itu adalah masalah yang umum dan sering dialami para pengguna smartphone, maka kamu harus tahu apa saja yang bisa menyebabkan smartphone sering restart sendiri.

Apa saja penyebab smartphone mengalami restart sendiri? Kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

1. Perangkat terlalu panas (overheating)

Dilansir dari laman Robots, salah satu penyebab smartphone sering restart sendiri adalah perangkat terlalu panas (overheating). Panas berlebih ini mengakibatkan smartphone mati dan hidup kembali (restart) secara tiba-tiba.

Overheating ini bisa terjadi karena smartphone digunakan untuk menjalankan terlalu banyak aplikasi dan gaming secara ekstrem.

2. Bug pada perangkat lunak

Bug pada perangkat lunak atau masalah kompatibilitas juga menjadi penyebab yang membuat smartphone sering restart sendiri. Terkadang, aplikasi yang tidak dioptimalkan dengan baik atau pembaruan perangkat lunak terkini dapat menyebabkan masalah pada smartphone dan memicu restartrestart sendiri.

3. Baterai bermasalah

Selain kedua masalah di atas, baterai yang rusak juga menyebabkan smartphone sering restart sendiri. Hal ini terjadi karena baterai sudah tidak lagi mampu menyimpan listrik dengan baik, sehingga tidak mampu menyediakan pasokan daya yang konsisten dan membuat smartphone restart sendiri.

4. Memori penyimpanan penuh

Memori penyimpanan yang terlalu penuh juga menjadi penyebab smartphone yang kamu gunakan sering restart sendiri. Hal ini terjadi karena smartphone kesulitan melakukan tugas-tugas penting, sehingga mengakibatkan restart otomatis.

5. Masalah perangkat keras

Kerusakan fisik pada perangkat keras smartphone yang kamu gunakan, seperti koneksi yang longgar atau komponen yang rusak, dapat menyebabkan restart sendiri.

6. Virus dan malware

Perangkat lunak berbahaya dapat menyusup ke smartphone yang kamu gunakan dan mengganggu fungsi normalnya. Dalam beberapa kasus, virus atau malware menyebabkan smartphone restart sendiri.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI