iPhone Bakal Babak Belur Dihajar Samsung dan Huawei

Pengapalan iPhone mengalami penurunan hingga 15% dari tahun sebelumnya karena mereka memangkas pengiriman komponen semikonduktor penting menjadi sekitar 200 juta unit (Sumber: Hi Tech)

Indogamers akhirnya resmi menghelat Turnamen Mobile Legends Terakbar, Vaporlax Indogamers Mobile Legends Championship (IMC) Season I 2024 “Taste The Difference”

INDOGAMERS.COM - Untuk pertama kalinya selama satu dekade terakhir, Apple akhirnya bisa merajai pasar ponsel dunia dengan mengirim 234,6 juta unit ponsel sepanjang tahun 2023.

Angka ini sedikit lebih banyak dari Samsung yang menjadi raja pertama setiap tahun yang pada penutupan tahun lalu hanya mengirimkan 226,6 juta unit saja.

Baca Juga: Spesifikasi dan Fitur Andalan LG StanbyME, Monitor Pintar yang Bisa Dipakai Live TikTok

Tapi pada 2024 ini, Samsung akan mengambil kembali tampuk itu dengan prediksi pengapalan Galaxy S24 series tahun ini naik 5-10% berkat kehadiran fitur Galaxy AI yang disematkan padanya. Sementara Apple malah menurunkan estimasi pengapalan iPhone 15 series mereka di paruh pertama tahun 2024 ini.

Dalam prediksi tahunan analis Ming-Chi Kuo, ia menyebutkan bahwa pengapalan iPhone mengalami penurunan hingga 15% dari tahun sebelumnya karena mereka memangkas pengiriman komponen semikonduktor penting menjadi sekitar 200 juta unit.

"Apple kemungkinan bisa mengalami penurunan yang paling signifikan di antara brand ponsel besar lainnya pada tahun 2024," kata Ming-Chi Kuo, dikutip Indogamers, Rabu, (31/1).

Baca Juga: Kupas Tuntas Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Fotografi dan Daya Tahan Baterai HP OnePlus Nord N30 SE

Analisa Kuo ini juga diperkuat dengan kondisi pengapalan iPhone di China yang terus menurun sekitar 30% hingga 40% dalam beberapa pekan terakhir di Januari ini jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kuo juga memprediksi bahwa penurunan ini masih akan terus berlanjut ke depan, jika melihat berbagai faktor eksternal dari brand pesaing.

Alasan lainnya adalah iPhone 16 yang akan dirilis tahun ini kemungkinan tak membawa perubahan desain yang signifikan. Apalagi, Apple juga belum membekali iPhone 16 dengan fitur kecerdasan buatan (AI) seperti yang sudah ditanamkan Samsung.

"Sampai saat itu tiba (memakai kecerdasan AI), hal ini akan merugikan momentum pengapalan dan pertumbuhan ekosistem Apple iPhone," sambung Kuo.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga OnePlus Nord N30 SE, Smartphone Baru dengan Prosesor Dimensity 6020

Ganguan lain juga datang dari pulihnya kepercayaan China pada produk Huawei. Padahal, China adalah lahan yang selama ini menjadi market terbesar IPhone, yang kali ini lebih memilih merek lokal mereka sendiri.

Turnamen Mobile Legends Vaporlax – Indogamers (IMC) Season I 2024
Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI