Mengenal 5 Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charging yang Penting Diketahui

Ilustrasi wireless charging.

Indogamers.com - Saat ini teknologi pengisian daya tanpa kabel (wireless charging) sudah banyak digunakan pada smartphone. Namun, dengan penggunaan wireless charging ini para pengguna smartphone juga harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Wireless charging sendiri bekerja dengan menggunakan bantalan pengisi daya yang mentransmisikan daya melalui gelombang EM. Kemudian, kumparan penerima di smartphone akan mengambil gelombang tersebut dan mengubahnya menjadi listrik yang digunakan untuk mengisi daya smartphone.

Pengisian daya ini juga disebut dengan teknologi Qi yang artinya pengisian daya menggunakan resonansi dan induktif yang membutuhkan perangkat pengisi daya dan perangkat yang diisi daya harus saling berdekatan

Untuk kelebihan dan kekurangan dari wireless charging ini kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan wireless charging

Wireless charging yang digunakan untuk pengisian daya smartphone tentu saja memiliki banyak kelebihannya dibandingkan dengan pengisian daya kabel biasa. Berikut kelebihan yang dimiliki wireless charging.

1. Mudah digunakan dan praktis

Kelebihan pertama dari wireless charging adalah mudah digunakan dan praktis. Dengan wireless charging para pengguna tidak perlu lagi repot-repot menghubungkan kabel ke smartphone. Pengguna hanya perlu meletakkannya di atas charging pad dan pengisian daya secara otomatis akan berjalan.

2. Lebih aman

Kelebihan selanjutnya dari wireless charging adalah lebih aman digunakan. Maksudnya, saat ada tegangan listrik tinggi secara mendadak baik itu karena petir atau korsleting maka smartphone pengguna memiliki risiko yang sangat kecil untuk terdampak karena memang tidak terhubung langsung ke listrik.

3. Lubang charger atau port menjadi lebih awet

Lubang charger atau port pada smartphone juga akan menjadi lebih awet jika pengguna menggunakan wireless charging. Sebab, smartphone tidak terhubung langsung dengan kabel, maka lubang charger pada smartphone akan jauh lebih awet karena jarang digunakan.

4. Bisa digunakan untuk mengisi beberapa perangkat sekaligus

Untuk beberapa model wireless charging dengan tatakan yang luas, dapat mengisi beberapa perangkat sekaligus sehingga tidak perlu banyak charger. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan dari wireless charging.

5. Memiliki fungsi yang dapat disesuaikan

Beberapa wireless charging dapat digunakan dalam berbagai posisi. Sehingga pengguna akan tetap dapat menonton video sambil melakukan pengisian daya.

Bahkan saat ini ada juga wireless charging yang dapat ditempelkan ke bagian belakang smartphone.

Kekurangan wireles charging

Selain memiliki beberapa kelebihan, wireless charging juga memiliki kekurangan layaknya perangkat elektronik lainnya. Berikut kekurangan dari wireless charging.

1. Smartphone lebih panas

Kekurangan pertama dari wireless charing adalah smartphone jadi lebih panas. Hal ini disebabkan oleh induksi medan elektromagnetik dan pada beberapa smartphone akan memicu kesehatan baterai jadi lebih cepat menurun.

2. Smartphone sulit digunakan saat pengisian daya

Kebanyakan wireless charging saat ini mengharuskan pengguna untuk meletakkan smartphone. Dengan begini tentu saja pengguna menjadi kesulitan dalam melakukan panggilan telepon ataupun bermain game saat smartphone sedang diisi daya. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kekurangan dari wireless charging.

3. Pengisian daya yang lebih lambat

Wireless charging bekerja lebih lambat dalam mengisi daya dibandingkan dengan beberapa adapter fast charging yang masih menggunakan kabel. Sebab, pengisian dayanya tidak dilakukan secara langsung dari kabel ke smartphone melainkan melalui induksi elektromagnetik.

4. Memiliki harga yang mahal

Kekurangan selanjutnya dari wireless charging adalah harganya yang mahal. Jadi, apabila wireless charging mengalami kerusakan, siap-siap mengeluarkan dana lebih untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Fungsi yang terbatas

Wireless charging hanya berfungsi untuk mengisi daya saja. Jadi jika pengguna berniat menggunakan wireless charging untuk transfer data tentu saja hal tersebut tidak dapat dilakukan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI