5 Daftar Smartphone dengan Radiasi Paling Tinggi, Ada yang Milikmu?

Ilustrasi radiasi smartphone (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Smartphone menjadi salah satu perangkat yang memancarkan radiasi seperti kebanyakan barang elektronik lainnya. Radiasi sendiri merupakan energi yang terpancar dari materi (atom) dalam bentuk partikel atau gelombang, misalnya gelombang elektromagnetik.

Sebagai informasi, tidak semua smartphone memiliki tingkat radiasi yang sama. Bahkan tiap tipe smartphone dari satu merek saja memiliki tingkat radiasi yang berbeda.

Seperti dikutip dari laman Stocklytics, beberapa smartphone yang beredar di dunia ini menjadi smartphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi pada tahun 2024. Dari berbagai merek smartphone Xiaomi dan Samsunglah menjadi merek smartphone yang mengeluarkan produk smartphone yang memiliki radiasi paling banyak pada tahun 2024.

5 smartphone radiasi tinggi

Berikut ini daftar smartphone yang memiliki tingkat radiasi tertinggi:

  1. Xiaomi Mi A1

  2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM

  3. Xiaomi Mi Max 3

  4. Xiaomi Mi Mix 3 5G

  5. Samsung Galaxy A23 5G

Daftar smartphone tersebut didasarkan pada nilai Tingkat Penyerapan Spesifik (Specific Absorption Rate/SAR).

Tingkatan radiasi tertinggi pada smartphone (FOTO: stocklytics.com)

SAR sendiri merupakan metode pengukur ilmiah yang menghitung kecepatan tubuh manusia dalam menyerap energi dari sumber radiasi seperti smartphone. SAR dihitung dengan satuan watt per kilogram (W/kg).

Dari data yang bersumber dari Stockytics, Xiaomi MI A1 baik versi 4G maupun 5G memiliki tingkat radiasi 1,75 W/kg yang bisa diserap oleh telinga. Angka ini lebih tinggi dibanding model lainnya yang ada dalam daftar.

Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Mix 3 5G juga terhitung memiliki nilai SAR tinggi yang bisa diserap telinga. Angkanya masing-masing sebesar 1,58 W/kg dan 1,56 W/kg. Sementara Samsung Galaxy A23 5G berada di posisi bontot dengan angka SAR telinga 1,49 W/kg.

Perlu dicatat bahwa daftar tersebut tidak mewakili nilai radiasi semua model smartphone, baik Xiaomi maupun Samsung. Sebab, Stocklytics juga menyebutkan bahwa sejumlah ponsel kedua merek itu juga ada yang memiliki tingkat radiasi rendah.

Contohnya Samsung Galaxy Note 10, Galaxy A55, Galaxy A35, Xiaomi Redmi 5A serta Redmi Note 7 Pro yang memiliki nilai SAR rendah. Namun rincian SAR-nya tidak disebutkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI