logo

Global Game Jam 2020 Gelar 9 Kota Berbeda di Indonesia

AgamtheRev
Jumat 31 Januari 2020, 15:20 WIB

IDGS - Hajatan tahunan komunitas developer game di Indonesia, Global Game Jam 2020 siap kembali digelar tahun ini. Digelar serentak di seluruh dunia, tahun ini Global Game Jam 2020 akan digelar di sembilan kota sekaligus di Indonesia mulai hari ini, Jumat 31 Januari 2020 hingga Minggu 2 Februari 2020 mendatang.

Global Game Jam 2020 Indonesia sendiri terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari Indigo Game Startup Incubator, Agate Academy, Miracle Gates Academy, Dunia Games, Asosiasi Game Indonesia serta seluruh komunitas game di indonesia yang membantu melaksanakan seperti Game Developer Bandung (GDB), UMN Game Development Club, Educa Studio, Game Development Bali, GameLan, GADAS (Game Developer Surabaya), Game Developer Malang, IPB Game Development Club, dan Game Developer Palembang.

Sejak pertama kali penyelenggaraannya di tahun 2014 lalu, komunitas pengembang game di Indonesia tidak pernah melewatkan satu tahun tanpa ikut serta dalam Global Game Jam. Meskipun kota yang berpartisipasi tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya, namun antusiasme pengembang game untuk berkolaborasi dan bereksperimen di acara ini masih tetap tinggi. Global Game Jam sendiri membawa beberapa faktor penting yang dibutuhkan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri game seperti kolaborasi, kreativitas dan komunitas.

Sembilan kota yang akan menggelar Global Game Jam 2020 antara lain Bali, Salatiga, Tangerang, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Surabaya, Malang, dan Palembang. Dalam Global Game Jam 2020, para peserta akan dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil dengan target menghasilkan satu game hanya dalam kurun waktu 48 jam saja. Bukan hanya game digital, akan tetapi peserta juga diperbolehkan untuk membuat board game, atau bahkan game tradisional eksperimental.

Seringkali ide-ide yang muncul dari Global Game Jam bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah game utuh dan dijual di berbagai platform. Global Game Jam juga bisa menjadi media yang sempurna untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar mengenai pengembangan game dan bekerja sama dalam sebuah tim. Itulah sebabnya, setiap tahunnya lebih dari 50% peserta dari Global Game Jam adalah orang-orang baru, bukan hanya dari disiplin ilmu yang bersinggungan dengan game, akan tetapi juga dari berbagai disiplin ilmu umum lainnya.

Global Game Jam adalah salah satu acara sarana pembelajaran membuat game bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman untuk menyalurkan hobinya, ditambah berkenalan dan berkolaborasi dengan teman-teman baru pengembang game di daerah masing masing ungkap Muhammad Ardhan Fadhlurrahman, Regional Organizer untuk Indonesia pada Global Game Jam 2020. Banyak game Indonesia maupun Internasional yang merupakan hasil pengembangan lanjutan dari acara ini. Jadi, Saya harap acara ini dapat menjadi katalis untuk menciptakan talenta baru, produk baru, atau mungkin saja perusahaan pengembang game baru di Indonesia di masa yang akan datang, lanjutnya.

Informasi lebih lanjut mengenai Global Game Jam 2020 bisa langsung mengunjungi situs resminya https://globalgamejam.org/

(OAA/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
News16 Juli 2024, 15:37 WIB

Trailer Kedua GTA 6 Diyakini akan Dibagikan Rockstar Games Bulan Depan

Grand Theft Auto (GTA) 6 sudah semakin dekat dengan tanggal rilis, yang membuat Rockstar Games harus lebih fokus untuk mengerjakannya.
Grand Theft Auto VI. (Sumber: Marca.co)
Guides16 Juli 2024, 15:37 WIB

Tips Menggunakan Hero Menki Honor of kIngs Dalam Pertempuran Tim yang Mengesankan

Menki merupakan hero Fighter yang cukup meresahkan di Honor of Kings,karena ia mampu menghasilkan Physical Damage dan Magical Damage
Hero Mengki Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:36 WIB

Skil Kemampuan yang Dimiliki Hero Lu bu Honor of Kings, Kekuatan Besar Untuk Pertempuran Tim

Hero Lu Bu merupakan seorang Fighter/Tank dalam Honor of Kings yang cukup menonjol karena output damage dan ketahanannya terhadap supresi yang hebat,.
Hero Lubu Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:36 WIB

Rekomendasi Build Item Hero Lu bu Honor of King Jadi Ancaman Besar Untuk Musuh

Hero Lu Bu merupakan seorang Fighter/Tank dalam Honor of Kings yang cukup menonjol karena output damage dan ketahanannya terhadap supresi yang hebat
Hero Lubu Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:35 WIB

Rekomendasi Hero yang Cocok Jadi Rekan Satu Tim Menki Honor of Kings dan Tips Cara Memainkannya

Mengki sendiri merupakan hero Fighter yang cukup meresahkan di Honor of Kings,karena ia mampu menghasilkan Physical Damage dan Magical Damag
Hero Mengki Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:35 WIB

Skill Kemampuan Hero Menki Honor of Kings Sekaligus Rekomendasi Urutan Kombo

Menki merupakan salah satu hero yang populer di Honor of Kings, terlebih saat Fat Cat gamers asal cina.
Hero Mengki Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:35 WIB

Rekomendasi Build Item Menki Honor of Kings

Mengki merupakan hero Fighter yang cukup meresahkan di Honor of Kings,karena ia mampu menghasilkan Physical Damage dan Magical Damage
Hero Mengki Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
Guides16 Juli 2024, 15:34 WIB

Hero Counter Menki di Honor of Kings dan Tips Cara Menghadapinya

Setiap hero di Honor of Kings pasti memiliki hero counternya sendiri, termasuk hero Menki. Meskipun terkenal sebagai hero yang cukup kuat dan menyebalkan hero Menki memiliki dua hero counter yang perlu diwaspadai.
Hero Mengki Honor of Kings (FOTO: Dok.HonorogKings)
News16 Juli 2024, 15:32 WIB

HoYoverse Bakal Rilis 3 Game Populernya di Gamescom 2024, Ada Zenless Zone Zero

HoYoverse akan menghadiri event bergengsi setiap tahunnya, yakni Gamescom 2024 dengan tiga game popular yang akan ditampilkan.
Gamescom 2024 (FOTO: Gamescom/media.graphassets.com)
Guides16 Juli 2024, 15:32 WIB

6 Tips Mudah Mendinginkan HP Android yang Terlalu Panas

Untuk mendinginkan HP Android yang terlalu panas, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara seperti berikut.
Ilustrasi HP Android yang terlalu panas (FOTO: pinterest.com)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.