Bikin Penasaran, Apa Saja Fitur Menarik Aplikasi Kalkulator di iPad yang Ada di iOS 18?

ilustrasi aplikasi kalkulator bawaan untuk iPad (FOTO: apple.com)

Indogamers.com - Melalui sistem operasi terbaru untuk iPad, yaitu iPad OS18, Apple menghadirkan aplikasi kalkulator internal iPad.

Awalnya, para pengguna iPad harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan penghitungan di iPad. Mulai dari iPad generasi pertama hingga iPad generasi terbaru saat ini yang masih menggunakan sistem operasi iPadOS 17.

Namun, penggunaan aplikasi kalkulator dari pihak ketiga untuk iPad ini sering kali dipenuhi dengan iklan. Selain itu, aplikasi kalkulator dari pihak ketiga untuk iPad ini juga belum dioptimalkan, sehingga hanya bisa melakukan penghitungan matematika sederhana.

Baca Juga: Membedah Apple Pencil Pro, dari Fitur, Harga dan Perangkat iPad yang Bisa Menggunakannya

Karena itu, Apple mungkin memberikan jawaban dari keluhan-keluhan para pengguna iPhone melalui iPadOS 18. Pengguna bisa menghitung dengan aplikasi kalkulator bawaan baru dengan desain yang sama dengan kalkulator di iPhone. Bedanya, aplikasi kalkulator baru ini sudah dioptimalkan untuk layar iPad yang besar.

Para pengguna iPad, kini bisa menggunakan iPad mereka dalam menggunakan kalkulator dasar dan ilmiah, lengkap dengan dukungan histori dan konversi satuan (panjang, berat, mata uang, dan lainnya).

Menariknya lagi, Apple juga mengoptimalkan kalkulator untuk iPad melalui sistem operasi iPadOS 18 dengan stylus Apple Pencil, dengan menghadirkan fitur yang bernama “Math Notes”.

Pengguna bisa menuliskan soal hitungan (seperti matematika, fisika, anggaran jalan-jalan, dll) lengkap dengan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Kemudian, kalkulator akan menyelesaikan soal secara otomatis dan variabel yang ditulis pengguna di soal bisa diganti-ganti, kemudian hasil akan kembali disesuaikan.

Melalui fitur barunya Math Notes, pengguna juga bisa membuat grafik, mengubah variabel yang ada di soal, kemudian grafik yang dibuat juga akan ikut disesuaikan, seperti dikutip dari laman resmi Apple.

Namun, tidak semua iPad bisa menggunakan aplikasi kalkulator terbaru yang ada di iPad. Sebab, hanya iPad dengan generasi kelima ke atas yang bisa menggunakan iPadOS 18, dan saat ini iPadOS 18 baru tersedia dalam versi developer beta. Untuk versi publiknya, iPadOS 18 baru akan dirilis pada Juli, 2024.

Baca Juga: Performa Prosesor, Kualitas Layar dan Kekuatan Baterai iPad Air 2024

Untuk ketersediaan kalkulator bawaan untuk iPad yang dibawa oleh sistem operasi iPadOS 18 adalah sebagai berikut.

  • iPad mini (generasi kelima dan lebih baru)

  • iPad (generasi ketujuh dan lebih baru)

  • iPad Air (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Air (M2)

  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Pro (M4).***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI