7 Penyebab iPhone Cepat Panas yang Penting Diketahui

Ilustrasi iPhone yang cepat panas saat digunakan (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Bagi para pengguna smartphone, khususnya iPhone pasti pernah mengalami dimana iPhone yang digunakan menjadi cepat panas.

Hal ini tentu saja sangat membuat tidak nyaman, karena iPhone yang terlalu panas sangat mengganggu penggunaan, selain membuat tangan tidak nyaman, performa iPhone juga akan menurun.

Hal ini seringkali terjadi, jika iPhone digunakan terus menerus, smartphone akan mengalami panas yang berlebihan, dan kondisi ini jika sering terjadi maka iPhone akan cepat mengalami kerusakan.

iPhone yang panas jika digunakan dalam waktu berjam-jam mungkin bukan menjadi masalah.

Tapi, jika iPhone baru saja digunakan dalam waktu beberapa menit dan sudah panas, berarti ada penyebab lainnya.

Baca Juga: 20 Game untuk Pengguna iPhone, Dijamin Bikin Ketagihan!

Lalu, apa saja penyebab iPhone menjadi cepat panas? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Kerusakan baterai

Salah satu penyebab iPhone yang menjadi cepat panas adalah baterai iPhone yang mengalami kerusakan. Umumnya, masalah ini akan terjadi jika baterai health pada iPhone telah menerus secara drastis.

Hal ini bisa terjadi saat baterai health iPhone telah berada jauh di bawah standar minimum yang ditandai dengan service.

2. iPhone digunakan saat melakukan pengisian daya

Menggunakan iPhone saat diisi daya juga menjadi salah satu penyebab IPhone cepat panas. Sebab, saat iPhone diisi daya namun sembari digunakan, maka baterai mengisi daya lebih lambat dari biasanya. Meski tidak masalah menggunakannya saat sedang diisi daya, penggunaan berlebihan dapat memicu iPhone cepat panas.

3. Penggunaan di bawah sinar matahari

Penyebab selanjutnya iPhone yang menjadi cepat panas adalah penggunaan iPhone di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal ini akan meningkatkan suhu iPhone secara cepat saat para pengguna mengoperasikan iPhone di bawah sinar matahari langsung.

4. Menjalankan aplikasi-aplikasi berat

Menjalankan aplikasi-aplikasi berat juga akan membuat suhu iPhone meningkat secara drastis. Sebab, prosesor iPhone akan bekerja lebih keras dalam menjalankan aplikasi tersebut.

Hal ini, umumnya terjadi saat para pengguna iPhone bermain game, ataupun mengedit video. Aktivitas ini memaksa komponen iPhone untuk bekerja lebih intensif sehingga suhu iPhone lebih cepat panas.

Baca Juga: Cara Mudah Hapus Duplikat Foto di Android dan iPhone, Begini Langkah-langkahnya

5. Penggunaan kamera dalam waktu lama

Selain menjalankan aplikasi berat, menggunakan kamera dalam waktu yang lama bisa membuat iPhone cepat panas. Penggunaan kamera seperti untuk mengambil foto dan video dalam waktu lama juga membutuhkan kinerja iPhone yang intensif.

6. Fitur lokasi yang tetap aktif

Penggunaan fitur lokasi atau GPS (Global Positioning System) secara terus menerus juga menjadi salah satu penyebab iPhone menjadi cepat panas. Hal ini seringkali terjadi pada saat pengguna iPhone mengakses navigasi di aplikasi Maps.

Selain itu, fitur Lokasi juga bisa aktif terus di belakang layar saat terdapat aplikasi atau layanan yang diizinkan untuk mengaksesnya secara terus menerus.

Agar fitur Lokasi tak terus menerus aktif dan membuat iPhone cepat panas, pengguna bisa membatasi aksesnya pada sejumlah aplikasi atau layanan.

Caranya, buka menu Privasi di pengaturan, lalu pilih opsi Lokasi dan atur aplikasi yang bisa mengaksesnya.

7. Penggunaan case

Selain beberapa hal di atas, penggunaan case pada iPhone juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan iPhone menjadi cepat panas. Sebab, saat mengoperasikan iPhone, suhunya akan meningkat perlahan.

Jika menggunakan case, sirkulasi suhu di iPhone akan terhambat dan membuatnya cepat panas.

Karena itu, pastikan untuk memilih case iPhone yang memiliki lubang-lubang sirkulasi udara.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI