3 Cara Mendeteksi Gejala Overheat pada Laptop. Sering Terjadi Pada Laptop Gaming

Cara Mendeteksi Laptop Overheat (FOTO: YouTube/Digital Tutorial)

Indogamers.com - Perangkat laptop terutama laptop gaming kerap mengalami overheat atau panas berlebih, dan ini menjadi masalah serius jika tak cepat diatasi.

Masalah overheat sering terjadi pada laptop dengan kerja yang memerlukan sumber daya seperti laptop gaming maupun laptop yang kamu gunakan untuk desain grafis maupun edit video.

Pada laptop gaming, saat bermain game memerlukan banyak sumber daya dan menghasilkan panas yang cukup tinggi. Ketika panas tersebut terlalu berlebihan, hal itu dapat menyebabkan laptop lambat dan membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan.

Baca Juga: Mengapa Laptopmu Cepat Panas Saat Main Game? ini Penyebabnya

Berikut cara mendeteksi gejala overheat pada laptop lebih dini agar dapat dilakukan penanganan dengan lebih cepat.

1. Suara Kipas Laptop Tidak Wajar

Jika kipas laptop menghasilkan suara yang tidak wajar, seperti klik, desingan, atau suara aneh lainnya, ini mungkin menunjukkan bahwa kipas tidak berfungsi dengan baik, yang dapat menyebabkan laptop mengalami overheat.

Gunakan hal ini sebagai tanda untuk melakukan investigasi lebih lanjut terhadap masalah tersebut.

Baca Juga: Pengembang Game Silent Hill 2 Dilaporkan Sedang Bikin Proyek Baru untuk Nintendo

2. Perlambatan Thermal

Komponen komputer seperti CPU dan GPU cenderung menghasilkan banyak panas. Saat digunakan dalam kondisi berat seperti bermain game, suhu yang tinggi sering kali terjadi. Namun, komponen ini memiliki batas suhu maksimal yang disebut batas termal.

Ketika batas suhu ini tercapai, komputer akan otomatis menurunkan kecepatan clock-nya untuk mengurangi suhu, dalam sebuah proses yang dikenal sebagai "perlambatan termal". Perlambatan termal menjadi indikator jelas bahwa komputer Anda sedang mengalami overheat.

Jika Anda mulai mengalami penurunan kinerja secara acak pada laptop, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh perlambatan termal.

Baca Juga: Hadiah Menggiurkan untuk Pemain dengan Poin Tertinggi di Mini Game Dota 2 Sleet Fighter

3. Distorsi Visual

Efek lain yang mungkin terjadi akibat overheating yang parah adalah distorsi visual. Jika Anda mulai melihat gambar yang aneh dan distorsi visual pada layar laptop saat bermain game, kemungkinan laptop mengalami masalah dengan GPU yang terlalu panas.

Itulah 3 cara mendeteksi laptop overheat yang bisa kamu lakukan agar masalah panas berlebih pada laptop ini bisa segera kamu atasi.

Dengan suhu normal, dapat dipastikan laptop akan bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami masalah saat digunakan untuk bekerja atau bermain game.

Namun bila mengalami overheat atau panas berlebih ini dibiarkan, akan berpotensi merusak komponen lain pada laptop kesayanganmu.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI