4 Cara Mengatasi Overheat pada Laptop. Dijamin Langsung Dingin, Gak Perlu Diservice

Cara Mengatasi Laptop Overheat (FOTO: YouTube/Digital Tutorial)

Indogamers.com - Banyaknya pilihan laptop gaming saat ini membuat kamu tidak perlu bingung lagi saat ingin membeli laptop untuk kebutuhan bermain game. Namun, masalah overheating sering kali bisa terjadi pada laptop kamu.

Bermain game memerlukan banyak sumber daya dan menghasilkan panas yang cukup tinggi sehingga menimbulkan overheat atau panas berlebih.

Ketika panas tersebut terlalu berlebihan, hal itu dapat menyebabkan laptop lambat dan membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan.

Baca Juga: Mengapa Laptopmu Cepat Panas Saat Main Game? ini Penyebabnya

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan suhu panas pada laptop.

1. Bersihkan Laptop

Jika lubang ventilasi laptop Anda tersumbat oleh debu atau rambut, atau jika mesin laptop bekerja dengan suhu yang tidak normal, inilah saatnya untuk membersihkan laptop secara menyeluruh.

Jika tidak tahu cara membuka casing, carilah panduan pembongkaran untuk model khusus laptopmu. Pastikan untuk tidak kehilangan sekrup dan pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke sumber listrik sebelum mulai membersihkannya.

Baca Juga: Out of the Box! Fortnite Kolaborasi Bareng Restoran Whataburger

2. Ganti Kipas yang Rusak

Saat membuka laptop, nyalakan dan periksa kipasnya. Jika kipas mengeluarkan suara aneh atau tidak berfungsi, kamu perlu menggantinya.

Kipas pengganti untuk sebagian besar laptop dapat ditemukan dengan mudah berdasarkan merek dan model laptopnya, dan harganya tidak mahal serta mudah diganti.

3. Ganti Pasta atau Bantalan Thermal

Jika kamu kesulitan membongkar laptop untuk membersihkannya, pertimbangkan juga untuk mengganti pasta dan bantalan termal.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Laptop Gaming Tipis, Kualitas Nggak Main-Main

Meskipun pasta termal bisa bertahan bertahun-tahun, laptop yang lebih baru pun dapat mendapat manfaat dari pasta termal aftermarket yang baik, karena pabrikan biasanya memilih opsi termurah yang tersedia.

4. Pakai Cooling Pad

Salah satu periferal terbaik untuk laptop apa pun adalah bantalan pendingin, yang merupakan cara efektif untuk menurunkan suhu dan mencegah overheating.

Bantalan pendingin tidak hanya meningkatkan aliran udara ke laptop, tetapi juga menopangnya ke posisi yang lebih ergonomis.

Selain itu, bantalan pendingin tersedia dalam berbagai desain, dari yang berwarna RGB hingga yang lebih sederhana.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI