3 Kesalahan yang Wajib Dihindari Pengguna Laptop Gaming, Bikin Kinerja Laptop Jadi Turun

Kesalahan Pengguna Laptop Gaming (FOTO: YouTube/Jarnod's Tech)

Indogamers.com - Popularitas laptop gaming semakin meningkat setiap harinya. Meskipun harganya cukup mahal, tetap banyak konsumen yang rela menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang untuk mendapatkan laptop gaming impian mereka.

Laptop gaming menawarkan performa yang kuat serta berbagai fitur unggulan yang mendukung kebutuhan bermain game dan tugas sehari-hari penggunanya. Untuk memaksimalkan kinerjanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Setidaknya ada beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh pengguna laptop gaming. Menghindari kesalahan-kesalahan ini akan memastikan laptop berada di jalur yang benar untuk mencapai kinerja maksimalnya.

Baca Juga: 3 Cara Mendeteksi Gejala Overheat pada Laptop. Sering Terjadi Pada Laptop Gaming

Berikut adalah tiga kesalahan yang perlu dihindari oleh pengguna laptop gaming dan tips untuk menghindarinya.

1. Mengaktifkan fitur keamanan Windows

Sejak Windows 11 diluncurkan pada tahun 2021, banyak keluhan muncul tentang VBS (Virtualization-Based Security) yang mengganggu kualitas gameplay. Nonaktifkan fitur keamanan ini, karena dapat memperlambat kinerja laptop.

Untuk menonaktifkan VBS, pertama cari "Core Isolation" dan klik, lalu matikan opsi Memory Integrity, dan restart laptop. Untuk memastikan VBS tidak aktif, buka System Information, dan periksa apakah "virtualization-based security" disetel ke off.

Baca Juga: Pengembang Game Silent Hill 2 Dilaporkan Sedang Bikin Proyek Baru untuk Nintendo

2. Berasumsi overclocking meningkatkan performa

Mengira bahwa overclocking selalu memberikan performa terbaik adalah kesalahan yang harus dihindari. Overclocking membutuhkan GPU dan CPU yang andal dan kompatibel.

Jika komponen-komponen ini tidak mendukung overclocking, laptop justru bisa mengalami masalah seperti hang. Jadi, pastikan laptop memang mumpuni untuk overclocking, jangan memaksakannya jika tidak memungkinkan.

3. Melepas Laptop dari Sumber Daya AC

Aturan utama untuk laptop gaming adalah jangan melepaskannya dari sumber daya AC. Laptop gaming dirancang untuk bermain game dengan akses daya yang tidak terbatas, bahkan ketika pengaturan dimaksimalkan dan mode Performa diaktifkan.

Baca Juga: Pengen Mabar di Mini Game Dota 2 Sleet Fighter, Ini 5 Langkahnya yang Perlu Kamu Tahu

Jika dilepaskan dari daya AC, baterai laptop tidak hanya akan cepat habis tetapi juga akan berdampak negatif pada kinerja. Laptop akan terlalu sibuk mencoba mempertahankan daya, yang dapat menyebabkan frame rate tidak stabil dan menurun di bawah 100.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI