Spesifikasi Serta Kelebihan dan Kekurangan Tablet Apple iPad Pro 11

iPad Pro 11 (FOTO: iPad Pro 11)

Indogamers.com - Tablet Apple iPad Pro 11 dirilis pada tahun 2022 dengan dukungan jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G, serta menggunakan konfigurasi Single SIM dan eSIM.

Memiliki dimensi 247.6 x 178.5 x 5.9 mm dan berat 466 gram (470 gram untuk varian 5G), tablet ini terbuat dari material aluminium pada frame dan bagian belakang, serta kaca di bagian depan. Tablet ini juga mendukung pena stylus.

Layar utama menggunakan teknologi Liquid Retina IPS LCD berukuran 11 inci dengan refresh rate 120 Hz dan resolusi 1668 x 2388 piksel. Kerapatan layar mencapai 265 ppi, dilengkapi proteksi lapisan antigores dan antiminyak, serta mendukung HDR10, Dolby Vision, dan tingkat kecerahan khas 600 nit.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Huawei MatePad Air Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Di bagian hardware, Tablet Apple iPad Pro 11 ditenagai chipset Apple M2 dengan CPU octa-core (4 Performance Core + 4 Efficiency Core) dan GPU Apple (10-core graphics). Terdapat varian RAM 8 GB dan 16 GB, serta memori internal mulai dari 128 GB hingga 1 TB tanpa slot memori eksternal.

Kamera utama terdiri dari tiga kamera dengan konfigurasi 12 MP (wide), 10 MP (ultrawide), dan sensor ToF, dilengkapi fitur dual pixel PDAF, Quad-LED dual-tone flash, HDR, serta mampu merekam video hingga 4K.

Kamera depan memiliki resolusi 12 MP (ultrawide) dengan fitur face detection, HDR, panorama, dan mampu merekam video hingga 1080p. Untuk konektivitas, tablet ini dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Bluetooth 5.3, GPS, dan USB Tipe-C 4 (Thunderbolt 4) dengan DisplayPort dan konektor magnetis.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Tablet OPPO Pad 2, Baca Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Kamu Beli

Baterai Li-Po berkapasitas 7538 mAh mendukung pengisian cepat 18W. Tablet ini menjalankan iPadOS 16 saat rilis, dilengkapi sensor Face ID, akselerometer, giroskop, serta barometer.

Tablet ini tersedia dalam warna Silver dan Space Gray, dikenal juga dengan nama Apple iPad Pro 11 generasi keenam, serta memiliki empat speaker stereo dan kapasitas baterai 28.65 Wh.

Kelebihan dan Kekurangan

Tablet Apple iPad Pro 11 dijual dengan harga Rp 13.647.000 untuk varian 8/128 GB. Kelebihan utamanya meliputi varian termurah yang menggunakan RAM 8 GB dengan penyimpanan 128 GB, serta opsi RAM 16 GB dengan penyimpanan hingga 1 TB.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Samsung Galaxy Tab S9

Tablet ini dilengkapi cip Apple M2, yang menawarkan tenaga sangat overkill untuk ukuran perangkat tablet.

Meskipun tidak menggunakan mini-LED, layarnya tetap menawarkan kecerahan tinggi dan warna yang luas. Tiga kamera belakang berkualitas mendukung perekaman ProRes dan Cinematic Mode, dengan stabilisasi perekaman yang efektif meredam guncangan dan mendukung perekaman 4K di 60 FPS yang tajam dan mulus.

Kamera depan mengusung ultrawide dengan fitur Center Stage yang menjaga tampilan kamera tetap proporsional mengikuti subjek utama.

USB-C 4 dengan antarmuka Thunderbolt 4 mendukung display out, sementara empat stereo speaker menghasilkan suara menggelegar. Daya tahan baterai juga unggul dengan kapasitas 28,65 Whr, mampu bertahan hingga 10 jam untuk aktivitas browsing.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Xiaomi Pad 6

Namun, ada beberapa kekurangan pada Tablet Apple iPad Pro 11 ini. Layar tidak mengalami banyak perubahan dari generasi sebelumnya dan tidak dilengkapi port audio 3.5 mm.

Selain itu, tablet ini belum dapat sepenuhnya menggantikan peran MacBook karena tidak mendukung aplikasi Final Cut Pro.

Meskipun memiliki banyak fitur canggih dan spesifikasi yang mengesankan, beberapa kekurangan ini mungkin perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Tablet ini menawarkan performa dan kualitas yang tinggi, tetapi keterbatasan seperti port audio dan kompatibilitas aplikasi mungkin menjadi pertimbangan bagi sebagian pengguna.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Gadget

4 Perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro Selasa 06 Agustus 2024, 23:10 WIB