AYN Loki Zero, Handheld Murah dengan Performa Pas untuk Pecinta Game Retro

AYN Loki Zero (Foto: YouTube/Retro Gaming Corps)

Indogamers.com - PC gaming genggam, atau handheld gaming PC, adalah perangkat portabel yang memungkinkan pengguna bermain game PC di berbagai tempat.

Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan PC gaming konvensional, perangkat ini tetap memiliki kekuatan yang cukup untuk memainkan game AAA seperti Cyberpunk 2077 dan Ghost of Tsushima.

Ada banyak sekali pilihan handheld gaming PC, salah satunya adalah AYN Loki Zero.

Baca Juga: ASUS ROG Ally, Handheld Gaming Pilihan Tetap untuk Mainkan Game AAA

Jika Anda lebih tertarik pada game retro dan indie dibandingkan game AAA modern, AYN Loki Zero bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun spesifikasinya tidak cukup kuat untuk menjalankan game terbaru, namun harganya yang sangat terjangkau, mulai dari 249 dolar AS (sekitar Rp3,9 jutaan).

Dengan prosesor AMD Athlon 3050e yang merupakan dual-core, performa handheld ini memang lebih rendah dibandingkan banyak perangkat lain di daftar ini.

Baca Juga: Siap Meluncur Tahun 2025, Avowed Siapkan Sesuatu yang Beda, Apa Itu?

Anda hanya akan mendapatkan frame rate yang lancar saat memainkan game ringan seperti Story of Seasons, Rune Factory 4, Hades, dan game-game lain dengan kebutuhan grafis yang rendah.

Tombol-tombolnya kokoh dengan teknologi hall effect yang mengurangi risiko drifting, dan perangkat ini juga dilengkapi dengan dua tombol tambahan yang dapat dipetakan untuk fungsi khusus, termasuk sebagai jalan pintas.

Handheld berbasis Windows 10 ini juga dilengkapi dengan Loki Control Center, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan optimal seperti mode CPU, resolusi layar, mode kipas, dan pembatasan frame rate.

Baca Juga: 10 Tips Anti Lose Streak di Mobile Legends untuk Kamu yang Sering Kalah Beruntun

Dari segi desain, perangkat ini lebih besar dari Nintendo Switch Lite tetapi lebih kecil dari ASUS ROG Ally. Tata letak tombolnya mirip dengan perangkat lain seperti Ayaneo Air, dan cukup nyaman untuk ditekan tanpa banyak mengeluarkan suara.

Daya tahan baterainya cukup baik karena tidak dirancang untuk bermain game berat. Saat digunakan untuk memainkan game seperti Doom 2, perangkat ini dapat bertahan hingga 4 jam.

Secara keseluruhan, AYN Loki Zero mungkin tidak cocok untuk semua gamer. Namun, jika dilihat dari harganya, AYN Loki Zero tetap menawarkan nilai yang tinggi, terutama dalam hal kualitas layar, daya tahan baterai, portabilitas, dan kenyamanan penggunaan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI