Nggak Perlu Aplikasi Pihak Ketiga, Ini Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Sembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan fitur bawaan (FOTO: Indogamers.com/PembasmiBocil)

Indogamers.com - Menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi menjadi salah satu panduan dasar yang harus diketahui para penggunanya.

Sebab, banyak pengguna yang merasa jika aplikasi yang mereka instal di HP menjadi sebuah privasi yang tidak boleh dilihat oleh orang lain.

Karena itu, banyak pengguna yang memilih untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaominya dengan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Padahal, untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi ini bisa dilakukan langsung dengan fitur bawaan di HP Xiaomi.

Selain bisa menyembunyikan aplikasi, Xiaomi juga memberikan fitur keamanan lain untuk mengunci aplikasi privat seperti mobile banking, aplikasi yang menyediakan layanan percakapan, gambar, video atau rekaman suara, serta aplikasi privat lainnya.

Baca Juga: 3 Rekomendasi HP Xiaomi dengan Fast Charging 18W Terbaru Beserta Spesifikasi dan Harganya

Fitur-fitur seperti diatas ini bisa ditemukan pada HP Xiaomi yang menggunakan sistem operasi MIUI versi terbaru.

Dengan fitur menyembunyikan aplikasi ini membuat pengguna HP Xiaomi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan yang lebih riskan digunakan.

Fitur pengunci dan menyembunyikan aplikasi ini akan membuat seolah-olah aplikasi yang di sembunyikan tidak terpasang pada HP Xiaomi yang digunakan.

Padahal aplikasi tersebut masih dan dan kamu masih bisa mengaksesnya kapanpun tanpa harus menginstal ulang aplikasinya terlebih dahulu yang memakan cukup banyak waktu.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tanpa aplikasi pihak ketiga ini, kamu bisa ikuti cara seperti di bawah ini.

Sembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan versi MIUI 12.5 ke atas

  • Buka aplikasi Security

  • Gulir ke bawah sampai ketemu kotak peralatan

  • Pilih menu Hidden apps

  • Aktifkan tombol pada aplikasi yang ingin disembunyikan

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi yang tombolnya diaktifkan tidak akan muncul lagi baik di halaman utama maupun app drawer (daftar aplikasi). Mereka akan tersimpan di halaman khusus yang disebut Hidden apps.

Untuk membukanya, kamu cukup mengakses halaman utama saja yang selanjutnya meletakkan dua jari di layar lalu menjauhkannya seperti gerakan untuk melakukan Zoom Out atau memperbesar ukuran gambar.

Halaman Hidden apps pun akan muncul setelah kamu membuat gesture tersebut. Kamu nanti  bisa langsung mengakses aplikasi-aplikasi yang sebelumnya disembunyikan lalu menggunakannya seperti biasa.

Sembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan versi MIUI 12 dan MIUI 11

  • Masuk ke halaman Settings

  • Buka bagian Apps

  • Ketuk menu Apps Lock

  • Buat pengaturan kunci untuk mengamankan aplikasi

  • Tautkan Mi Account jika diperlukan

  • Atur juga dukungan sensor pemindai sidik jari jika mau

  • Jika sudah masuk ke menu Apps Lock, ketuk tab Hidden Apps

  • Ketuk tombol pada aplikasi yang ingin disembunyikan

Berbeda dengan versi MIUI terbaru, MIUI 11 dan MIUI 12 ini masih memiliki dukungan Hidden apps yang menjadi satu dengan fitur App Lock pada HP Xiaomi.

Dengan dukungan pada fitur tersebut memungkinkan penggunanya dapat mengatur kunci aplikasi dan menyembunyikan aplikasi di halaman yang sama.

Sedangkan pada MIUI dengan versi yang lebih lama, fitur hidden apps ini mungkin akan bernama App Invisible. Untuk penggunaannya sendiri tidak berbeda jauh dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI