Jadi Pembeli Cerdas, Ini 5 Tips Penting Membeli iPhone Baru untuk Pemula

Ilustrasi membeli iPhone baru (FOTO: FastCompany)

Indogamers.com - Bagi kamu yang belum pernah menggunakan atau memiliki iPhone dan memutuskan untuk membeli iPhone, sebaiknya kamu membeli iPhone dalam kondisi baru.

Sebab, iPhone bekas tentu saja sangat tidak recommended karena banyak iPhone bekas dengan garansi internasional yang tidak resmi di Indonesia.

iPhone bekas dalam kondisi tersebut sangatlah rawan terkena blokir IMEI oleh pemerintah Indonesia.

Namun, membeli iPhone dalam kondisi baru pun tidak selamanya aman. Terkadang ada saja penjual iPhone di pasaran yang menjual iPhone dalam kondisi baru namun bukan garansi resmi dari Indonesia.

Karena itu, bagi kamu yang belum pernah menggunakan atau memiliki iPhone tapi ingin membeli iPhone, pastikan untuk membeli iPhone di tempat terpercaya.

Baca Juga: Harga iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di Malaysia: Masuk Indonesia Jadi Berapa?

Atau kamu juga bisa ikuti beberapa tips penting membeli iPhone baru untuk pemula yang Indogamers.com berikan di bawah ini.

1. Tentukan apa yang kamu butuhkan dari iPhone

Tips pertama yang bisa kamu lakukan sebelum membeli iPhone baru adalah menentukan kebutuhan dan prioritas dari membeli iPhone.

Kamu bisa mempertimbangkan Anggaran yang kamu miliki sesuai untuk iPhone seri apa dan model apa. Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan iPhone dari segi spesifikasinya, seperti ukuran layar, kualitas kamera , daya tahan baterai, kapasitas penyimpanan, hingga desain dari iPhonenya.

2. Bandingkan harga dan pertimbangkan kapasitas penyimpanan iPhone

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk membeli iPhone baru adalah membandingkan harga dan kapasitas penyimpanan iPhone yang akan kamu beli.

Sebab, dalam satu model, iPhone hanya memiliki satu varian RAM, namun memiliki beberapa kapasitas penyimpanan yang bisa dipilih.

Pastikan kamu untuk memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kapasitas penyimpanan iPhone yang dibeli lebih kecil dari yang kamu butuhkan.

Mengingat iPhone ini tidak dibekali dengan slot penyimpanan eksternal seperti HP-HP Android yang ada di pasaran saat ini.

3. Pastikan membeli iPhone di tempat resmi dan terpercaya

Tips lainnya untuk membeli iPhone baru adalah pastikan untuk membeli iPhone di tempat resmi dan terpercaya yang memberikan garansi iPhone sesuai distributor resmi di Indonesia.

Garansi ini akan sangat berguna jika terjadi kerusakan pada perangkat dalam jangka waktu tertentu. Karena di Indonesia belum ada Apple Store, maka kamu bisa membeli iPhone di toko distributor resmi dan terpercaya, seperti iBox atau Digimap.

4. Periksa kondisi iPhone secara menyeluruh

Selain membelinya di tempat resmi dan terpercaya, kamu juga perlu cek kondisi iPhone secara menyeluruh. Pastikan tidak ada goresan, retak, atau kerusakan fisik lainnya.

Baca Juga: Gak Perlu iPhone Pro, Ini Deretan Game Berat yang Masih Bisa Dimainkan dengan Iphone 16

Selain itu, kamu juga bisa cek nomor model iPhone, hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah iPhone memang dijual dalam kondisi baru maupun refurbished.

Kamu bisa memilih iPhone dengan nomor model menggunakan huruf awal M, jika huruf awalnya F, kamu bisa cancel pembelian iPhone karena huruf F pada nomor model iPhone menunjukan iPhone adalah refurbished.

5. Menunggu diskon untuk mendapatkan harga yang lebih murah

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membeli iPhone baru adalah menunggu diskon untuk mendapatkan iPhone dengan harga yang lebih murah dari harga normalnya.

Kamu bisa membeli iPhone ketika ada event diskon besar, misal harbolnas atau penawaran diskon lainnya.

Jika membeli iPhone di marketplace, kamu bisa membeli asuransi tambahan untuk melindungi iPhone dari kerusakan fisik atau kehilangan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Console

8 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa Jumat 13 September 2024, 17:57 WIB