Mode Gelap Bisa Bikin Baterai HP Lebih Irit? Ini Penjelasannya

Ilustrasi penggunaan mode gelap di HP (FOTO: dribbble.com)

Indogamers.com - Fitur mode gelap atau dark mode dan mode terang kini sudah tidak asing lagi di HP baik itu Android maupun iPhone.

Penggunaan kedua mode tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masih pada setiap ponsel.

Mode gelap dianggap mampu membuat baterai HP jadi lebih irit dan dinilai lebih teduh dalam pandangan mata.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah pertanyaan besar, apa benar hanya menggunakan mode gelap baterai HP bisa jadi lebih irit.

Baca Juga: Tips Jaga Baterai HP Tetap Awet: Memaksimalkan Kinerja Ponsel Kamu

Faktanya, penggunaan mode gelap di HP memang bisa membantu mengurangi penggunaan baterai sehingga baterai menjadi lebih irit.

Terutama pada HP yang menggunakan layar model OLED atau AMOLED. Meskipun menurut hasil riset dari American Purdue, mode gelap ini tidak terlalu membantu secara signifikan.

Saat HP menggunakan mode gelap, otomatis cahaya yang dikeluarkan oleh layar menjadi berkurang resistensinya.

Nah, untuk memaksimalkan kemampuan menghemat daya baterai pada mode gelap, tentu saja harus diimbangi dengan mengatur tingkat kecerahan layar pada tingkat tertentu.

Usahakan saat menggunakan mode gelap, tingkat kecerahan layar HP yang digunakan ada di antara 30 hingga maksimal 50 persen.

Dengan cara tersebut, maka HP bisa menghemat daya baterai di angka tiga hingga sembilan persen.

Sedangkan saat menggunakan tingkat kecerahan layar mencapai seratus persen makan mode hemat data bisa mengurangi konsumsi baterai 39 hingga 47 persen setelah beralih ke mode gelap dari mode terang.

Hal ini berlaku pada hampir semua jenis handphone yang menggunakan layar jenis OLED, baik itu di HP Android ataupun iPhone.

Namun, perlu diingat meskipun mode gelap ini dapat membuat baterai HP menjadi lebih irit, tapi tidak semua orang cocok menggunakannya.

Beberapa orang mungkin merasa kesulitan membaca teks dengan latar belakang gelap, terutama di bawah sinar matahari terang.

Selain itu, mungkin ada juga beberapa aplikasi yang tidak mendukung penggunaan mode gelap.

Sebab, penggunaan mode gelap pada aplikasi tertentu justru membuat pengalaman pengguna menjadi tidak nyaman.

Bahkan ada beberapa peneliti yang mengatakan jika mode gelap ini mungkin tidak memiliki efek penghemat daya yang signifikan seperti yang diharapkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI