Memahami Apa Itu Google Smart Lock dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi Google Smart Lock yang memiliki berbagai fitur (FOTO: AirDroid)

Indogamers.com - Google hadir dengan berbagai fitur dan platform yang sangat berguna bagi para penggunanya. Contohnya untuk sektor keamanan, Google memiliki salah satu fitur yang bernama Google Smart Lock.

Fitur ini memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menyimpan dan mengelola kredensial login dengan cara yang aman dan praktis.

Google Smart Lock juga merupakan layanan yang dapat dihubungkan dengan perangkat mobile khususnya Android, bahkan bisa juga dihubungkan dengan berbagai aplikasi seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Aplikasi AdBlock untuk Google Chrome yang Ampuh dan Kelebihannya

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu Google Smart Lock dan cara menggunakannya, kamu bisa simak selengkapnya artikel dari Indogamers.com berikut ini.

Google Smart Lock

Google Smart Lock merupakan sebuah layanan yang Google kembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna layanan Google, khususnya yang menggunakan perangkat Android.

Layanan yang bernama Google Smart Lock ini berfokus pada penyederhanaan proses autentikasi, agar pengguna dapat memperoleh akses yang lebih mudah ke aplikasi, akun online, serta perangkat Android yang dimiliki, seperti smartphone, tablet, maupun smart watch.

Selain di Android, layanan ini juga dapat digunakan oleh perangkat iOS, namun fitur-fitur Google Smart Lock memiliki beberapa batasan kompatibilitas dengan perangkat iOS.

Sedangkan jika digunakan pada perangkat Android, semua fitur yang dimiliki Google Smart Lock dapat bekerja dengan lebih komprehensif dan terintegrasi.

Untuk fitur-fitur yang dimiliki Google Smart Lock ini, bisa kamu lihat di bawah ini:

Deteksi pada Tubuh

Fitur ini menjaga perangkat pengguna tetap tidak terkunci selama bergerak. Saat pengguna meletakkan perangkat, perangkat akan secara otomatis mendeteksi tidak adanya gerakan dan menguncinya.

Perangkat Terpercaya

Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan perangkat terpercaya seperti mobil atau sistem di dalam mobil atau jam tangan Bluetooth sehingga perangkat pengguna tetap tidak terkunci selama salah satu perangkat ini terhubung ke perangkat pengguna.

Tempat Terpercaya

Fitur ini menjaga perangkat pengguna tetap tidak terkunci di lokasi tertentu. Misalnya, pengguna bisa mengatur agar perangkat tetap tidak terkunci saat pengguna berada di rumah atau kantor, tergantung pada kebutuhannya.

Wajah Terpercaya

Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur wajah untuk membuka kunci perangkat tanpa memasukkan kode sandi.

Trusted Voice Match

Sama seperti fitur wajah terpercaya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur suara sehingga pengguna bisa membuka kunci perangkat dengan suara.

Namun, fitur ini sebagian besar tersedia pada versi Android yang lebih lama. Bersama dengan wajah terpercaya, fitur ini akan dihapus karena kurang aman.

Cara menggunakan Google Smart Lock

Untuk membuka Google Smart Lock khususnya di perangkat Android, pengguna bisa ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Baca Juga: Cara Mudah Hilangkan Iklan di Google Chrome HP Android

  • Buka Pengaturan di HP Android yang kamu gunakan.

  • Pilih opsi Keamanan, dan pilih Smart Lock.

  • Setelah itu, masukkan PIN atau kata sandi untuk mengonfirmasi identitas kamu sebagai pengguna.

  • Di dalam menu Smart Lock, terdapat beberapa pilihan, yaitu Trusted Places (Lokasi yang Dipercayai), Trusted Devices (Perangkat yang Dipercayai), On-body detection (Deteksi pada Tubuh), Voice Match (Pencocokan Suara), dan sebagainya. Pilihlah opsi yang paling sesuai dengan preferensi.

  • Selanjutnya, ikuti petunjuk di layar untuk mengatur setiap opsi sesuai preferensi, seperti menambahkan lokasi yang dipercayai, menyambungkan perangkat Bluetooth, atau menggunakan pengaturan biometrik, seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

  • Setelah itu, kamu bisa lakukan verifikasi identitas, seperti mengonfirmasi sidik jari atau mengucapkan kata-kata yang diminta (untuk Voice Match).

  • Setelah pengaturan selesai, HP Android yang jany gunakan telah resmi menggunakan fitur Smart Lock yang sudah dipilih, untuk membuka kunci layar secara mudah dalam situasi yang sesuai.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI