Google Akan Hadirkan Tiga Fitur Anti Maling Baru di Android, Beda dengan Find My Device!

Ilustasi fitur anti maling terbaru dari Goole (FOTO: Google)

Indogamers.com - Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan produk internet asal Amerika Serikat, Google dikabarkan akan hadirkan tiga fitur keamanan baru untuk smartphone Android, yaitu fitur anti maling (theft protection).

Fitur anti maling atau theft protection yang dihadirkan oleh Google ini memiliki tiga fitur, yaitu Offline Device Lock, Remote Lock dan Theft Detection Lock.

Fitur anti maling dari Google ini berguna untuk meningkatkan keamanan data bagi para pengguna smartphone Android jika sewaktu-waktu smartphone mereka dicuri.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Game Google Doodle Popcorn, Berasal dari Pemecahan Rekor di Thailand

Fitur baru dari Google ini berbeda dengan fitur Find My Device yang membantu pengguna melacak dan mengelola perangkat yang hilang dari jarak jauh.

Theft Protection adalah fitur berbasis perilaku yang lebih proaktif yang dirancang untuk mendeteksi upaya pencurian dan mengunci perangkat secara otomatis dalam skenario yang mencurigakan.

Pengguna yang sudah kebagian fitur Theft protection bisa menemukan fitur tersebut melalui menu Pengaturan (Settings) > Google > All Service, kemudian gulir tampilan hingga menemukan menu "Personal & device safety". Dari sini, pengguna yang sudah kebagian akan menemukan menu anti-maling.

Berikut tiga fitur baru Theft protection yang Google hadirkan untuk smartphone Android.

1. Offline Device Lock

Offline device lock dari Google berguna untuk mengunci smartphone Android jika pencuri mencoba untuk memutuskan koneksi internet untuk waktu yang lama. Hal ini memastikan smartphone tetap terkunci meskipun tidak terhubung ke jaringan.

Android yang tetap terhubung ke jaringan internet akan mempermudah pengguna melacak lokasi terakhir HP berada.

2. Remote Lock

Remote lock di fitur Theft protection berguna untuk mengunci smartphone dari jarak jauh menggunakan nomor telepon mereka. Fitur ini bisa tetap digunakan meskipun fitur Find My Device tidak aktif atau jika pengguna tidak bisa masuk ke akun Google mereka.

3. Theft Detection Lock.

Fitur yang bernama Theft Detection Lock ini berguna untuk mendeteksi gerakan mencurigakan, seperti smartphone yang tiba-tiba ditarik dari tangan atau dibawa dengan sepeda atau mobil. Saat gerakan ini terdeteksi, smartphone akan otomatis terkunci dan mencegah akses ke aplikasi dan data.

Hal ini terjadi karena Theft Detection Lock ini adalah fitur yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan sensor pada smartphone untuk mendeteksi berbagai gerakan seperti di atas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI