Tinggalkan Exynos, Samsung Galaxy S25 Series Kini Hadirkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 atau Dimensity 9400

Ilustrasi tampilan Samsung Galaxy S25 Series (FOTO: Samsung Community)

Indogamers.com - Pabrikan elektronik raksasa Samsung dikabarkan akan segera menghadirkan produk terbarunya, yaitu HP di kelas flagship penerus Samsung Galaxy S24 Series.

Galaxy S25 Series yang akan dirilis pada Januari 2025, melalui acara resmi mereka, Galaxy Unpacked.

Meskipun kehadiran produk terbaru dari Samsung ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh pihak Samsung, namun berbagai bocoran dari Samsung Galaxy S25 Series ini telah beredar di internet.

Bocoran tersebut mengenai spesifikasi dari Galaxy S25 Series.

Baca Juga: 3 Kelebihan Samsung Galaxy S24 FE dengan Kecerdasan Buatan Galaxy AI

Dari bocoran yang beredar inilah diketahui jika Samsung Galaxy S25 Series, nantinya akan meninggalkan prosesor buatan Samsung, yaitu Exynos 2500, hal ini disebabkan oleh produksi chipset Exynos dengan arsitektur 3nm masih rendah, dikutip dari laman Phone Arena.

Padahal, biasanya Samsung menawarkan dua opsi prosesor pada setiap perilisan Galaxy S series, yaitu Qualcomm Snapdragon dan Exynos yang merupakan buatan perusahaan berbasis di Korea tersebut.

Namun, Samsung Galaxy S25 Series ini juga tidak akan hadir dengan prosesor dari Qualcomm saja. Hal ini disebabkan oleh Snapdragon 8 Gen 4 yang akan digunakan mengalami kenaikan harga hingga 20 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Kenaikan ini tentu akan berimbas pada harga jual HP.

Untuk menjaga agar harga Galaxy S25 series nantinya tetap kompetitif di pasar HP flagship, opsi lain yang bisa Samsung lakukan adalah menggunakan chipset MediaTek, tepatnya seri flagship Dimensity, di beberapa varian Galaxy S25 Series nantinya.

Rumor ini muncul pada bulan Juni dan dikonfirmasi oleh Google DeepMind dalam sebuah publikasi. Di sana disebutkan, HP flagship Samsung akan menggunakan chip MediaTek Dimensity untuk meningkatkan efisiensi daya dan performa.

"MediaTek, salah satu perusahaan desain chip terkemuka di dunia, memperluas AlphaChip untuk mempercepat pengembangan chip tercanggih mereka, termasuk flagship Dimensity 5G yang digunakan di ponsel Samsung," ungkap laporan dari Google DeepMind.

Kemungkinan besar, Galaxy S25 dan Galaxy S25 Plus akan menggunakan MediaTek untuk pasar tertentu, sementara Galaxy S25 Ultra tetap menggunakan Snapdragon 8 Gen 4.

Prosesor MediaTek yang akan digunakan pada Samsung Galaxy S25 Series, khususnya varian S25 reguler dan S25 Plus kemungkinan adalah MediaTek Dimensity 9400, prosesor terbaru dari MediaTek yang diklaim memiliki harga lebih murah dari pesaingnya.

Jika memang benar S25 Series akan hadir dengan dua prosesor tersebut, maka bisa dipastikan performa dari S25 Series akan lebih powerful dan skor AnTuTu Benchmark akan naik pesat dari pendahulunya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI