Memahami Fitur Offload Aplikasi di iPhone yang Jarang Diketahui, dari Manfaat hingga Cara Menggunakan

Penyimpanan iPhone (FOTO: Makemac)

Indogamers.com - Tak sedikit pengguna iPhone yang mengeluhkan tentang kapasitas penyimpanan iPhone yang mereka gunakan terlalu kecil, sehingga mereka mengalami masalah sering kehabisan ruang penyimpanan.

Ruang penyimpanan iPhone yang cepat habis ini seringkali disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi terinstal yang jarang digunakan, file media yang menumpuk, hingga cache yang terus menerus bertambah.

Nah, untuk mengatasi masalah penyimpanan iPhone yang cepat penuh ini, kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur dari Apple yang hadir pada iPhone, yaitu fitur “Offload Aplikasi”.

Baca Juga: Fitur Tersembunyi iOS 18 di iPhone dan Manfaatnya yang Sedikit Orang Tahu

Fitur Offload Aplikasi ini memungkinkan para pengguna iPhone untuk menghapus aplikasi tanpa harus menghilangkan data atau dokumen yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai fitur Offload Aplikasi yang ada pada iPhone ini, kamu bisa simak penjelasan dari Indogamers.com, mulai dari manfaat hingga cara menggunakannya.

Offload Aplikasi iPhone

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur Offload Aplikasi di iPhone adalah fitur yang memungkinkan para pengguna iPhone untuk menghapus aplikasi tanpa harus menghilangkan data atau dokumen yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut.

Fitur Offload Aplikasi ini pertama kali Apple hadirkan pada Iphone melalui iOS 11. Fitur ini hadir untuk melengkapi kekurangan iPhone yang awalnya hanya memiliki dua pilihan untuk mengelola aplikasi: menyimpannya atau menghapusnya.

Jika disimpan, aplikasi beserta datanya tetap memakan ruang penyimpanan. Namun, jika dihapus, aplikasi dan semua datanya akan hilang sepenuhnya dari perangkat.

Hal ini sering membuat pengguna iPhone bingung, terutama ketika harus mengosongkan memori tetapi tidak ingin kehilangan data aplikasi yang penting.

Jadi, saat pengguna iPhone menggunakan aplikasi tersebut lagi, maka pengguna hanya perlu mengunduhnya kembali, dan semua data serta pengaturan akan langsung kembali seperti semula. Fitur ini sangat membantu dalam menghemat ruang penyimpanan tanpa mengorbankan data penting.

Cara menggunakan Offload Aplikasi di iPhone

Para pengguna iPhone dengan iOS 11 dan yang lebih baru bisa melakukan atau menggunakan fitur Offload Aplikasi ini pada semua aplikasi pihak ketiga yang diunduh dari App Store, serta beberapa aplikasi bawaan Apple seperti TV, Musik, Mail, Files, Maps, Books, Reminders, Podcasts, Kontak, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Safari di iPhone Tidak Berfungsi? Tenang Begini Cara Mudah Memperbaikinya

Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus atau di-offload dari perangkat iPhone, seperti Foto, Telepon, Safari, Wallet, Pesan, dan Kesehatan. Sebab, aplikasi-aplikasi ini bersifat esensial untuk kinerja iPhone dan tidak dapat dihapus karena fungsinya yang sangat vital bagi sistem operasi.

Fitur offload memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna iPhone untuk mengelola penyimpanan tanpa kehilangan fungsionalitas penting dari perangkat merek

Untuk menggunakan fitur Offload di iPhone ini, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

  • Buka menu Settings atau Pengaturan di iPhone yang kamu gunakan

  • Kemudian, kamu bisa pilih General dan pilih iPhone Storage.

  • Lanjutkan dengan memilih salah satu aplikasi yang ingin kamu offload.

  • Setelah itu, klik Offload App dan konfirmasi kembali pilihan dengan memilih Offload App.

Setelah berhasil menggunakan fitur Offload pada beberapa aplikasi, maka penggunaan memori untuk aplikasi akan berkurang dan membuat penyimpanan iPhone menjadi lebih lega.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI