Versi Terbaru iPad Mini Resmi Dirilis Apple, Prosesornya Sama dengan iPhone 15 Pro Series

iPad Mni 7 yang baru dirilis Apple (FOTO: Gsmarena)

Indogamers.com - Setelah tiga tahun tidak menghadirkan versi terbaru dari iPad Mini, akhirnya Apple menghadirkan iPad Mini terbaru di tahun 2024. iPad Mini (2024) ini merupakan iPad Mini generasi ketujuh yang dirilis pada Selasa, 15 Oktober 2024.

iPad Mini yang terakhir dirilis oleh Apple adalah iPad Mini 6 yang dirilis pada tahun 2021 lalu. Karena iPad Mini 7 ini adalah suksesor dari iPad Mini 6, tentu saja banyak peningkatan yang Apple hadirkan.

Salah satu peningkatan pada iPad Mini 7 adalah sektor dapur pacunya yang kini menggunakan prosesor yang sama dengan iPhone 15 Pro Serie, yaitu Apple A17 Pro dan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang bernama Apple Intelligence.

Baca Juga: 3 Rekomendasi iPad Harga di Bawah Rp 10 Juta

Prosesor Apple A17 Pro ini dibangun diatas fabrikasi 3nm yang memiliki enam inti (hexa-core) yang meliputi dua inti performa dan empat inti hemat daya. Unit pengolah grafis (GPU) yang diandalkan juga memiliki enam core.

Apple mengklaim penggunaan prosesor ini membawa peningkatan performa CPU hingga 30 persen dan performa GPU hingga 25 persen, dibandingkan iPad Mini 6 (2021) yang ditenagai dengan prosesor Apple A15 Bionic.

Selain itu, Apple A17 Pro ini juga dilengkapi dengan fitur ray tracing berbasis hardware yang empat kali lebih kencang jika dibandingkan dengan ray-tracing berbasis software.

Secara real time, ray tracing memungkinkan game menampilkan efek sinematik dan pantulan cahaya. Visual game, termasuk pantulan dari matahari, akan terlihat jauh lebih indah.

Selain itu, iPad Mini diklaim dapat menjalankan judul-judul triple-A/AAA kelas atas, termasuk Zenless Zone Zero milik studio Hoyoverse, menggunakan CPU ini.

iPad Mini 7 ini hadir dengan layar yang menggunakan panel Liquid Retina IPS LCD seluas 8,2 inci yang memiliki resolusi 1488 x 1226 piksel, aspek rasio 3:2 dan refresh rate yang masih menggunakan 60Hz.

Mengenai kamera, Apple telah mengintegrasikan kamera utama 12 MP yang telah disempurnakan oleh ISP-nya dan kompatibel dengan Smart HDR 4. Selain itu, iPad Mini 7 ini juga dilengkapi port pengisian daya 20W, daya tahan baterai hingga 10 jam dalam penggunaan normal, dan sistem keamanan biometrik dengan Touch ID.

Tak hanya itu saja, peningkatan dari iPad Mini 7 ini ada pada sektor penyimpanannya, iPad Mini 7 kini tersedia dalam kapasitas 128GB, dukungan konektivitas Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, dan kini memakai port USB Type-C 3.1 Gen2. Tablet ini juga sudah mendukung Apple Pencil Pro dan memiliki variasi warna biru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, iPad Mini 7 kini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan Apple Intelligence yang memungkinkan pengguna menulis dan meringkas teks dengan AI, membuat gambar dan emoji, juga menghadirkan asisten virtual Siri yang lebih pintar.

Pre-order iPad Mini 2024 telah dibuka sejak 15 Oktober di 29 negara, termasuk AS., pada 23 Oktober 2024, tablet ini akan dijual di Apple Store dan Apple Authorized Resellers.

iPad Mini 2024 Wi-Fi dibanderol dengan harga mulai US$499 atau setara dengan Rp7,7 juta dengan kapasitas 128 GB. Sementara itu, iPad Mini 2024 Wi-Fi + Cellular dengan kapasitas 128 GB dijual seharga US$649 atau setara dengan Rp10,1 juta.

Pengguna juga bisa membeli cover Smart Folio harga US$59 atau setara dengan Rp919.550. Smart Folio tersedia dalam warna Denim, Sage, Light Violet, dan Charcoal Grey.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI