Xiaomi Hadirkan Redmi A4 5G, HP Pertama dengan Prosesor Snapdragon 4s Gen 2 dari Qualcomm

Redmi 4A 5G, HP 5G Xiaomi yang hadir khusus untuk India (FOTO: Gsmarena)

Indogamers.com - Pabrikan ternama asal Tiongkok, Xiaomi secara resmi memperkenalkan HP terbarunya yang bernama Redmi A4 5G. HP baru dari Xiaomi ini hadir pertama kali untuk pasar India pada Kamis, 17 Oktober 2024 melalui pameran teknologi India Mobile Congress.

Dikutip dari GSMArena, Redmi A4 5G yang baru dirilis oleh Xiaomi ini juga menjadi HP pertama yang dapur pacunya mengandalkan prosesor Snapdragon 4s Gen 2 yang dirilis Qualcom pada akhir Juli 2024 lalu, sebagai prosesor 5G kelas entry-level.

Baca Juga: Spesifikasi HP Xiaomi 14T Pro. Pahami Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Membelinya

HP ini menjadi HP yang dirancang khusus untuk pasar India, dengan tujuan mempercepat peralihan India ke jaringan 5G, serta menghadirkan pengalaman dalam menggunakan HP entry-level yang ditingkatkan, hal ini seperti disampaikan oleh Murali Krishnan B, Presiden Xiaomi India.

"Saat kami merayakan ulang tahun (Xiaomi) yang ke-10 di India, Xiaomi Redmi A4 5G menandai tonggak penting dalam misi berkelanjutan kami, untuk menghadirkan teknologi canggih bagi setiap orang India," Ungkap President of Xiaomi India, Murali Krishnan B.

"Dirancang khusus untuk pasar India, perangkat ini mewujudkan visi kami yakni '5G untuk semua orang', yang menjembatani kesenjangan digital," imbuhnya.

Meskipun kehadiran Redmi A4 5G ini secara resmi telah dipublikasikan serta seperti apa tampilan dari HP entry-level Xiaomi khusus india ini, namun spesifikasi Xiaomi Redmi A4 5G belum diumumkan secara resmi.

Secara desain, smartphone entry-level ini membawa modul kamera bulat besar yang mirip seperti modul di Xiaomi Redmi 14R dan Xiaomi Redmi 14C. Modul ini diperkirakan membawa kamera 50 MP, dan sudah dilengkapi sebuah lampu LED flash.

Berdasarkan rumor yang beredar, HP ini akan dilengkapi dengan layar IPS LCD seluas 6,7 inci dengan resolusi HD Plus (2400 x 1080 piksel), refresh rate 90 Hz, rasio aspek 20:9, kerapatan piksel 393 ppi, dan rasio layar ke bodi 81 persen.

Untuk dapur pacunya, tentu saja menggunakan Snapdragon 4s Gen 2 yang dirancang menggunakan arsitektur 4 nanometer (nm) dengan jumlah prosesor yang sama dengan Snapdragon 4 Gen 2, yaitu delapan inti (octa-core).

Akan tetapi, kecepatan clock maksimal CPU di chip tersebut diturunkan dari 2,2 GHz menjadi 2 GHz, untuk dua inti CPU performa tinggi Cortex-A78. Untuk enam inti CPU efisien Cortex-A55, kecepatan clock-nya juga diturunkan menjadi 1,8 GHz.

Redmi A4 5G dikabarkan akan hadir dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal (storage) 128GB yang masih bisa diperluas dengan kartu microSD.

Rumor lainnya dari Xiaomi Redmi A4 5G adalah sektor fotografinya yang akan hadir dengan kamera selfie 8 MP dalam modul lubang (punch hole), speaker, jack audio 3,5 mm, Bluetooth 5.4, NFC, dan pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted).

Pada sektor dayanya, Redmi A4 5G dirumorkan akan membawa baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan fitur pengisian daya cepat 18Watt.

HP 5G terbaru di kelas entry-level Xiaomi ini, akan dirilis secara eksklusif di India dalam waktu dekat dengan banderol harga di bawah 10.000 Rupee atau sekitar Rp1,8 jutaan dan tersedia dalam varian warna putih dan hitam.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI