Ciri-ciri HP Disadap tanpa Sepengetahuan Pemiliknya yang Penting Diwaspadai Serta Cara Mengatasinya

Ilustrasi HP disadap.

Indogamers.com - Menyadap HP saat ini telah menjadi salah satu tindakan kriminal yang sering terjadi. Penyadapan HP juga menjadi salah satu ancaman yang cukup menakutkan bagi para pengguna HP.

Sebab saat ini hampir semua pasti telah memiliki HP atau smartphone sebagai alat untuk menunjang berbagai aktivitas, mulai dari hiburan, belajar, hingga untuk menjalankan pekerjaan sekalipun.

Nah, para pengguna HP juga harus sadar jika HP yang mereka gunakan ini sangat berpotensi menjadi sasaran penyadapan atau pemerasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Cara Termudah Cek Suhu HP Android dan Tips Agar Tidak Overheating

HP yang menjadi target penyadapan tentunya sangat berbahaya bagi para penggunanya. Sebab, dari penyadapan tersebut, pelaku bisa menyalahgunakan data, mencuri data, dan masih banyak lagi.

Karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara untuk mencegah HP yang disadap. Jadi, jika sewaktu-waktu kamu mengalami hal tersebut dapat langsung mengatasinya sebelum data pribadi diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum masuk ke cara mengatasi HP yang disadap, ada hal penting lain yang perlu kamu ketahui lebih dulu, yaitu ciri-ciri HP yang disadap.

Ciri-ciri Hp disadap

  • Aplikasi tak terduga akan muncul di layar meski Kamu tidak menggunakannya.

  • Ada banyak pop up aplikasi yang terbuka sendiri.

  • Ada catatan panggilan telepon atau teks tidak dikenal pada log ponsel.

  • Daya atau baterai hp cepat habis.

  • Performa hp berjalan lambat karena sistemnya berjalan mirroring.

Cara mengatasi HP disadap

Setelah mengetahui ciri-ciri HP yang disadap, selanjutnya kamu bisa menilai apakah HP yang kamu gunakan tengah disadap. Jika HPmu mengalami beberapa ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kamu bisa langsung mengatasinya dengan cara sebagai berikut.

1. Aktifkan mode device care

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu mengaktifkan mode device care. kamu bisa cek di pengaturan hp, untuk mengetahui malware yang terpasang di hp.

Pada pengguna Android, bisa masuk ke pengaturan lalu klik menu battery and device care, dan pilih device protection dan scan phone sampai prosesnya selesai.

Sementara pengguna iOS, bisa masuk ke pengaturan lalu klik menu privacy & security, pilih safety check, kemudian pilih emergency reset sehingga tidak terlacak.

2. Ganti password layar kunci hp

Langkah kedua yaitu mengubah nomor PIN atau pattern password untuk akses kunci masuk ke HPmu. Cara ini dapat segera diperbarui ke menu pengaturan di hp masing-masing. Pastikan menggunakan kata sandi yang unik.

Hindari format kata sandi yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun lahir. Alternatifnya bisa memilih karakter alfanumerik, yaitu perpaduan password antara huruf dan angka.

3. Ganti password email

Logout semua email dan akun media sosial yang terhubung ke hp. Kemudian ganti semua password email, atau media sosial tersebut.

Pilih format alfanumerik untuk semua kata sandi email dan media sosial. Aktifkan juga verifikasi dua langkah.

Pasang alamat email backup supaya terhubung otomatis. Apabila ada aktivitas mencurigakan, kamu akan lebih mudah mendapat email notifikasi.

4. Factory reset

Aplikasi penyadap yang tersembunyi di hp biasanya mempunyai sistem cukup canggih sehingga tidak mudah terlacak.

Cara paling cepat dan aman yaitu melakukan factory reset sehingga setelan HPmu kembali ke pengaturan seperti dari pabrik.

Perlu diperhatikan saat melakukan factory reset, semua data, aplikasi dan file di HP akan otomatis terhapus.

5. Hubungi call center

Langkah terakhir yaitu segera menghubungi call center provider. Lapor ke pihak call center bahwa HPmu diretas.

Disamping itu, pihak operator seluler akan menonaktifkan nomor SIM supaya tidak disalahgunakan lebih lanjut.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI