Perbedaan Mencolok antara HP Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C

Perbandingan HP Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C (Foto: YouTube/Trakontech)

Indogamers.com - Tecno Spark 20C adalah seri ponsel yang mengutamakan harga terjangkau dengan spesifikasi yang seimbang, menjadikannya sebagai perangkat all-rounder untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Meskipun demikian, karena harganya yang berada di kisaran Rp1 jutaan, beberapa fiturnya terkesan sudah usang. Untuk itu, Tecno Spark 30C hadir dengan sejumlah peningkatan yang signifikan.

Tecno Spark 20C hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik. Ponsel ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6.6 inci dan ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G36. Tersedia dalam dua pilihan RAM, yaitu 4 GB dan 8 GB, serta memori internal sebesar 128 GB, Tecno Spark 20C siap mendukung kebutuhan penyimpanan pengguna.

Baca Juga: Kejutan! Judul Baru dari Naughty Dog akan Fokus pada Aspek Ini

Untuk sektor fotografi, smartphone ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 50 MP (wide) dan dilengkapi fitur AI. Selain itu, ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas Li-Po 5000 mAh, memberikan daya tahan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Tecno Spark 30C menawarkan spesifikasi yang mengesankan untuk pengguna. Smartphone ini dilengkapi dengan layar IPS LCD berukuran 6.67 inci dan ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G81. Tersedia dalam dua pilihan RAM, yaitu 6 GB dan 8 GB, serta opsi memori internal sebesar 128 GB atau 256 GB, ponsel ini siap memenuhi kebutuhan penyimpanan pengguna.

Untuk fotografi, Tecno Spark 30C dilengkapi dengan kamera belakang 48 MP (wide) serta fitur AI untuk meningkatkan kualitas gambar. Selain itu, baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang dimiliki ponsel ini memberikan daya tahan yang cukup untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Trending di Google, Ini Rekomendasi 5 Game NBA Terbaik Buat Kamu Penggemar Basket

Perbedaan Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C

Layar

Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C keduanya menggunakan panel IPS LCD, tetapi memiliki ukuran layar dan refresh rate yang berbeda. Tecno Spark 20C memiliki layar 6,6 inci dengan resolusi 720 x 1.612 piksel dan refresh rate 90 Hz, sedangkan Tecno Spark 30C memiliki layar 6,67 inci dengan resolusi 720 x 1.600 piksel dan refresh rate 120 Hz. Refresh rate yang lebih tinggi pada Tecno Spark 30C memungkinkan tampilan yang lebih mulus saat scrolling atau bermain game.

Desain

Desain bodi Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C sangat berbeda. Tecno Spark 20C menampilkan modul kamera mirip iPhone 16 Pro dengan tiga lensa yang disusun zig-zag, terdiri dari dua kamera dan satu LED flash. Sebaliknya, Tecno Spark 30C memiliki modul kamera bulat besar di tengah bodi, terinspirasi oleh desain realme Number series dan beberapa flagship HONOR.

Sertifikasi IP54

Tecno Spark 30C kini dilengkapi dengan sertifikasi IP54, yang memberikan tambahan ketahanan terhadap air. Desain ini membuat ponsel lebih aman saat terkena cipratan air, seperti tetesan dari minuman atau hujan. Fitur IP54 ini cukup langka untuk smartphone di kisaran harga Rp1 jutaan, sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat beraktivitas di luar rumah saat cuaca hujan.

Baca Juga: Pirates Outlaws 2: Heritage Akan Rilis di Android, iOS, dan PC pada 2025!

Chipset

Tecno Spark 30C menggunakan chipset MediaTek Helio G81, yang menawarkan peningkatan performa signifikan dibandingkan Tecno Spark 20C yang menggunakan MediaTek Helio G36, chipset dengan kinerja rendah dalam keluarga MediaTek.

Konektivitas

Tecno Spark 30C memiliki keunggulan dalam hal konektivitas dengan penambahan fitur port infrared, yang tidak tersedia pada Tecno Spark 20C. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat seperti TV dan AC, mirip dengan remote. Selain itu, kedua ponsel ini memiliki spesifikasi konektivitas yang hampir sama, termasuk dukungan Wi-Fi 5 dual band, port USB Type-C 2.0 dengan on-the-go (OTG), serta sensor sidik jari di samping.

Itulah beberapa perbedaan mencolok HP Tecno Spark 20C dan Tecno Spark 30C, kamu pilih yang mana?

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI