5 Aplikasi Benchmark Terbaik untuk Menguji Performa PC

Ilustrasi salah satu aplikasi Benchmark PC terbaik (FOTO: HWMonitor)

Indogamers.com - Menguji sejauh mana kemampuan PC menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan bagi kamu yang baru saja membangun PC.

Dengan menguji performa PC, maka kamu akan tahu apakah PC yang kamu bangun sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Untuk melakukan pengujian performa PC ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah menggunakan bantuan dari aplikasi Benchmark PC.

Selain berguna untuk menguji kemampuan PC, aplikasi Benchmark juga berguna untuk memberikan pengguna kesempatan melakukan overclocking atau hanya sekedar merubah pengaturan saja.

Pengujian kemampuan PC dengan aplikasi Benchmark ini akan ditunjukan dengan skor atau poin. Skor tersebut menjadi tolak ukur untuk membandingkan kemampuan PC.

Bagi kamu para pengguna PC yang penasaran dengan kemampuan PC yang kamu miliki ini, maka kamu bisa coba gunakan beberapa aplikasi Benchmark terbaik di bawah ini untuk cek performa PC.

1. CPU-Z

Salah satu aplikasi Benchmark terbaik untuk menguji performa PC adalah CPU-Z. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang memberikan informasi rinci tentang komponen yang tertanam di PC pengguna.

CPU-Z mampu mendeteksi dan menampilkan informasi detail tentang prosesor (CPU), motherboard, RAM, GPU, dan komponen lainnya. CPU-Z sangat berguna bagi para overclocker, dan siapa pun yang ingin mengetahui spesifikasi hardware perangkat mereka secara mendalam. Selain di PC, aplikasi ini juga tersedia di Android dan iOS.

Aplikasi juga memiliki fitur "Bench" yang khusus untuk melakukan pemeringkatan CPU. Fitur ini akan mengetes prosesor dalam skenario single thread maupun multithread. Hasilnya kemudian dibandingkan dengan beberapa contoh prosesor referensi yang dijadikan acuan.

2. HWMonitor

Selain CPU-Z, aplikasi Benchmark terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menguji performa PC adalah HWMonitor. Aplikasi ini secara khusus menampilkan temperatur, tegangan, dan konsumsi daya setiap komponen.

Selain itu, frekuensi dan persentase kinerja suatu komponen turut dipantau secara realtime. Komponen yang dipantau aplikasi ini mulai dari prosesor, hardisk atau SSD, kartu grafis, adaptor, sampai baterai.

3. GeekBench

Jika di HP Android, GeekBench digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan single core dan multicore suatu chipset. Skor single core menggambarkan kemampuan HP dalam membuka aplikasi, sedangkan multicore berkaitan dengan kemampuan multitasking.

Maka, GeekBench di PC juga memiliki fungsi yang sama.

Namun, kamu juga bisa menguji kemampuan CPU dan GPU dengan berbagai skenario. Skenario itu seperti rendering HTML5, enkripsi, ray tracing (sejenis rendering), dan lain sebagainya. Kemampuan RAM ketika menangani pekerjaan berat juga bisa dilihat dengan aplikasi ini.

4. 3DMark

Aplikasi Benchmark terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menguji kemampuan PC adalah 3Dmark. Aplikasi ini berfungsi untuk memberi beban kerja pada GPU, untuk melihat seperti apa efeknya. Nah, efek yang dipantau itu macam-macam. Mulai dari clock speed, frame rate, temperatur, dan lain sebagainya. Beban kerja yang diberikan pun ada banyak macamnya.

Menariknya lagi, dengan aplikasi 3Dmark ini kamu bisa bisa menyimpan, memvalidasi, dan membandingkan skor pengujian tersebut dengan perangkat lain secara online.

5. CINEBENCH

Jika 3DMark milik Underwriters Laboratories adalah salah satu aplikasi paling populer untuk menguji GPU, lain halnya dengan CPU. Banyak para pengguna PC di dunia percaya pada Cinebench buatan dari Maxon untuk mengetahui sejauh mana kemampuan PC mereka terutama pada sektor CPU-nya.

Aplikasi CINEBENCH akan bekerja dengan cara memberikan beban kerja tinggi pada CPU dengan skenario rendering gambar 3D dan 4D, berdasarkan kondisi nyata. Baik itu secara single-thread maupun multithread.

Durasi pengujian yang dilakukan CINEBENCH ini cukup bervariasi, pengujian tersebut bisa berlangsung dari lima hingga 10 menit, tergantung kemampuan CPU dan dipengaruhi RAM.

Setelah pengujiannya selesai, maka akan muncul skor dan peringkat benchmark. CINEBENCH juga bisa digunakan untuk menguji kemampuan rendering dari CPU saja, atau kombinasi CPU dan GPU.

Menariknya lagi, aplikasi CINEBENCH ini bisa digunakan secara gratis baik itu bagi para pengguna sistem operasi Windows maupun MacOS.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI