Resmi Dirilis, Oppo Find X8 dan Oppo Find X8 Pro Gunakan SoC Dimensity 9400 dan Dibekali Tombol Kamera

Oppo Find X8 Series (FOTO: Oppo.com.cn)

Indogamers.com - Oppo resmi meluncurkan HP terbaru mereka di kelas atas (flagship), yakni Oppo Find X8 series di China pada Kamis, 24 Oktober 2024 malam waktu China.

Oppo Find X 8 Series ini hadir dalam dua varian, yaitu Oppo Find X8 reguler dan Oppo Find X8 Pro yang merupakan penerus dari Oppo Find X7 Series yang sudah hadir lebih dulu.

Sebagai penerus dari Oppo Find X7 Series, Oppo Find X8 Series tentu saja menghadirkan berbagai peningkatan dalam banyak aspek termasuk hal desain, performa, dan teknologi kamera.

Baca Juga: SoC Terbaru MediaTek Dirilis, Ini 3 HP yang Akan Hadir dengan Dimensity 9400

Contohnya pada sektor dapur pacunya yang dibekali dengan SoC terbaru dari MediaTek, yaitu Dimensity 9400, tombol kamera yang mirip dengan iPhone 16 Series, kamera dengan konfigurasi 50 MP, serta kapasitas baterai yang lebih besar.

Kehadiran Oppo Find X8 Series ini dikonfirmasi oleh Oppo akan hadir untuk pasar global. Meski demikian, untuk jadwal perilisannya masih belum Oppo umumkan secara pasti. Namun, yang jelas kedua HP flagship dari Oppo ini akan hadir di Indonesia.

Spesifikasi Oppo Find X8 Series

Baik itu Oppo Find X8 reguler maupun Find X8 Pro, keduanya akan hadir dengan layar yang menggunakan panel LTPO OLED datar. Versi regulernya akan memiliki layar 6,59 inci sementara versi Pro memiliki layar seluas 6,78 inci.

Khusus untuk varian Oppo Find X8 Pro, Oppo menghadirkan desain micro-quad-curved, membuat layar tampak datar namun dengan sedikit lekukan di keempat sisinya.

Kedua model dari Oppo Find X8 Series ini mendukung resolusi FHD+, refresh rate 1-120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 4.500 nits untuk tampilan HDR.

Untuk sektor dapur pacunya, Oppo Find X8 Series dibekali dengan SoC tebrau dari MediaTek, yaitu MediaTek Dimensity 9400. SoC ini memiliki CPU dengan total delapan inti (quad-core), terdiri dari satu Cortex-X925 dengan kecepatan lebih dari 3.62 GHz, tiga Cortex-X4 dan empat Cortex-A720.

Dengan konfigurasi tersebut, Dimensity 9400 ini menawarkan kinerja 35 persen lebih cepat untuk single core atau 28 persen lebih cepat untuk multi-core, khususnya bila dibandingkan dengan Dimensity 9300.

Dimensity 9400 juga diklaim 40 persen lebih hemat daya dibanding pendahulunya. Sebab, SoC ini dirancang dengan proses fabrikasi 3 nm generasi kedua TSMC. Sedangkan pendahulunya masih memakai fabrikasi 4 nm.

Untuk menyempurnakan performanya SoC ini dipadukan dengan RAM LPDDR5X hingga 16GB dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB.

Selain itu, Dimensity 9400 ini dipasangkan dengan sistem pendingin baru dengan lapisan grafit, ruang uap, dan gel konduktif termal yang dimasukkan langsung pada motherboard.

Di sektor kameranya, Oppo menghadirkan desain kamera terbaru yang bernama Cosmos Ring.

Pada Find X8 reguler dilengkapi tiga kamera, yaitu lensa utama 50MP Sony LYT-700, lensa ultrawide 50MP (ISOCELL JN5)  dengan autofokus, dan lensa periskop 3x (73mm) dengan sensor IMX882 sensor (1/1.95”).

Di versi Pro, kamera utamanya menggunakan sensor utama 50MP Sony LYT-808, dan Oppo menambahkan lensa periskop kedua dengan zoom optik 6x dengan sensor  IMX858 1/2.51” aperture f/4.3 dan OIS. Ultra Wide masih menggunakan sensor yang sama dengan Find X8 versi standar.

Oppo juga menambahkan fitur tombol kamera yang mirip iPhone 16 Series bernama Quick Button, yaitu tombol fisik yang berfungsi sebagai shortcut cepat untuk aplikasi kamera dan tentu saja tombol tersebut juga dapat digunakan untuk mengambil gambar.

Harga Oppo Find X8 Series

Bicara soal harga, dua HP flagship terbaru dari Oppo ini akan dibanderol dengan harga CNY 4,199 atau setara dengan Rp9 jutaan untuk Find X8 reguler dan CNY 5,299 atau setara dengan Rp11,3 jutaan untuk varian Pro.

Keduaa HP baru Oppo kelas flaghsip ini akan tersedia di China mulai tanggal 30 Oktober 2024 mendatang dan untuk ketersediaannya di pasar global akan menyusul dalam waktu dekat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI